Berkas Imran Cs Rampung, Kasus Korupsi Kapal Nautika Segera Disidangkan

  • Bagikan
4 tersangka kasus dugaan korupsi kapal Nautika saat berada di ruang JPU Kejati Malut.

PENAMALUT.COM, TERNATE – Jaksa penyelidik Kejaksaan Tinggi (Kejati) Maluku Utara akhirnya merampungkan berkas perkara dugaan korupsi pengadaan kapal Nautika dan alat simulator pada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Malut tahun 2019.

Tepat pada Rabu (15/9) tadi, jaksa penyelidik menyerahkan 4 tersangka beserta berkas dan barang buktinya ke Jaksa Penuntut Umum (JPU) dan selanjutnya dilimpahkan ke Pengadilan Negeri (PN) Ternate untuk disidangkan.

Ke 4 tersangka ini yakni mantan Kadikbud Malut IY alias Imran, Direktur PT Tamalanrea Karsatama IR alias Ibrahim, mantan Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Dikbud Malut ZH alias Zainudin, dan mantan Pokja ULP Malut RZ alias Reza

“Berkasnya sudah rampung. Hari ini kita lakukan penyerahan tersangka dan barang bukti atau tahap II kasus Nautika ke JPU,” kata Kepala Seksi Penuntutan (Tut) Kejati Malut, Fakhrul yang didampingi Kasi Penkum Kejati, Richard Sinaga kepada wartawan siang tadi.

Menurut Fakhrul, setelah dilakukan penyerahan tahap II ke JPU, pihaknya segera melimpahkan berkas para tersangka ke PN Ternate untuk segera disidangkan.

“Untuk pelimpah berkas ke pengadilan akan kita upayakan secepatnya,” jelasnya.

Sekadar diketahui, kasus dugaan korupsi pengadaan kapal Nautika dan alat simulator ini menggunakan Dana Alokasi Khusus (DAK) senilai 7,8 miliar rupiah pada tahun 2019.

Proyek ini diperuntukkan untuk SMK swasta di Kabupaten Halmahera Timur. Proyek tersebut dikerjakan PT Tamalanrea Karsatama.

Selain kapal, PT Tamalanrea Karsatama juga merupakan pemenang tender proyek pengadaan alat simulator yang dialokasikan ke tiga SMK yakni, SMK Negeri 1 Halmahera Barat, SMK Sanana di Kabupaten Kepulauan Sula, dan SMK Negeri 1 Halmahera Selatan.

Sesuai hasil audit yang dikeluarkan BPKP, kerugian keuangan negara dari kasus tersebut sebesar Rp 4.735.886.614. (4,7 miliar). (red)

banner 680x680 banner 1280x473
banner 120x600
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!