Meski Terkendala Fasilitas, Dikbud Sula Upayakan Asesmen NBK Berjalan Maksimal

  • Bagikan
Plt Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Sula, Rifai Haitamai.

PENAMALUT.COM, SANANA – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kabupaten Kepulauan Sula akan melaksanakan Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) di setiap sekolah yang memiliki fasilitas pendukung yang layak.

Hal itu dilakukan untuk meningkatkan mutu pendidikan Sula dengan berbasis pada teknologi informasi atau komputerisasi.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dikbud Sula Rifai Haitamai, mengatakan bahwa ANBK dilaksanakan langsung oleh satuan pendidikan di Sula sesuai dengan instruksi dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud). Pihak Dikbud hanya bertugas melakukan pemantauan.

Perubahan mendasar pada ANBK, kata Rifai, tidak lagi mengevaluasi capaian murid secara individu, tetapi mengevaluasi dan memetakan sistem pendidikan seperti input, proses dan hasil.

“ANBK ini dirancang tidak hanya sebagai pengganti ujian nasional (UN) dan ujian sekolah, namun sebagai penanda perubahan paradigma tentang evaluasi pendidikan,” jelas Rifai, Senin (4/10) di ruang kerjanya.

Meski begitu, Rifai mengakui jika ada beberapa kendala terkait sarana dan prasarana yang dimiliki beberapa sekolah di Kepulauan Sula. Namun, pihaknya akan tetap berupaya semaksimal mungkin sehingga setiap sekolah dapat mengikuti asesmen dengan baik. Sebab, asesmen dilakukan secara daring yang tentunya membutuhkan beberapa fasilitas pendukung.

“Beberapa sekolah yang menemui kendala atau tidak memiliki fasilitas akan kami arahkan ke sekolah yang fasilitasnya lengkap. Tetap kita upayakan agar ANBK ini berjalan maksimal,” pungkasnya. (is/ask)

banner 1280x960
banner 120x600
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!