Program Irigasi BWS Maluku Utara Turut Mendorong Swasembada Pangan

  • Bagikan
Serah terima dokumen P3A-TGAI BWS Maluku Utara, Selasa (5/10).

PENAMALUT.COM, TOBELO – Kementerian PUPR melalui Balai Wilayah Sungai (BWS) Provinsi Maluku Utara (Malut), Selasa (5/10) tadi, melakukan serah terima dokumen pekerjaan Program Percepatan Peningkatan Tata Guna Air Irigasi (P3A-TGAI) kepada masing-masing ketua kelompok tani pemakai air di Kantor Desa Margomulyo, Kecamatan Kao Barat, Kabupaten Halmahera Utara.

Penyerahan dokumen P3A-TGAI tahap I dan II ini merupakan bukti pekerjaan sebagai aset di desa bagi masing-masing kelompok. Program irigasi yang dikerjakan kelompok masyarakat  pada tahap I sebanyak 24 saluran dan tahap II sebanyak 14 saluran. Total saluran yang dibangun pada tahun 2021 ini berjumlah 38 saluran dengan masing-masing nilai Rp 195 juta per kelompok.

PPK OP-II BWS Malut, Ruslan Rizal, menjelaskan P3A-TGAI hadir untuk mendorong taraf kesejahteraan masyarakat petani melalui program irigasi. Dirinya meminta irigasi yang telah dibangun masyarakat harus dijaga dan dipelihara dengan baik, karena tujuan pembangunan irigasi ini adalah untuk ladang pertanian warga untuk mengantungkan hidup.

“P3A-TGAI merupakan program Kementrian PUPR Direktorat Jenderal Sumber Daya Air yang sangat membantu kebutuhan masyarakat,” ucap Ruslan.

Ruslan meminta masing-masing kelompok masyarakat jika ada suatu pekerjaan terkait irigasi yang belum selesai, harus diselesaikan secepatnya. Dia juga meminta agar satu sama lain dalam kelompok masyarakat bekerja sama dan tidak saling melempar tanggung jawab.

“BWS Malut akan tetap berupaya  mendorong program irigasi ini agar tahun berikutnya bisa kembali didapat oleh masyarakat,” pintanya.

Sementara itu, Kepala Desa Margomulyo Ahmad Roghib, mengakui bahwa dengan Program P3A-TGAI

Ini sangat mendukung proses swasemba pangan di desanya. Karena ketersediaan saluran irigasi ini sangat mendukung apalagi di tengah situasi Pandemi Covid-19.

“Saya berharap semoga program ini berjalan terus dan bisa menjawab semua kebutuhan dan kesejahteraan masyarakat,” singkatnya. (fnc)

banner 1280x960
banner 120x600
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!