Dinas P3A Kota Ternate Gelar Pelatihan KHA Sebagai Syarat Kota Layak Anak

  • Bagikan
Suasana kegiatan konvensi hak anak (KHA) yang berlangsung di Muara Hotel. (Udi/NMG)

PENAMALUT.COM, TERNATE – Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (P3A) Kota Ternate menggelar kegiatan pelatihan konvensi hak anak di Muara Hotel, Ternate, Selasa (12/10).

Dalam pelatihan konvensi hak anak ini diikuti sebanyak 30 peserta dari sejumlah OPD Pemerintah Kota Ternate, LSM, maupun media.

Kepala Dinas P3A Kota Ternate, Marjorie S. Amal mengatakan, adanya pelatihan konvensi hak anak (KHA) ini diharapkan Stakeholder baik Lapas dan Polres dapat mengetahui pemahaman yang utuh tentang bagaimana melayani pemenuhan hak anak.

Disamping itu, kata Marjorie, mereka harus dilatih punya pemahaman dan harus memiliki sertifikat, karena itu prasyarat utama dalam penilaian kota layak anak.

“Tetapi bukan itu yang kami kejar, yang kami inginkan bahwa teman-teman dari P3A bisa kerja secara optimal dengan mengedepankan kepentingan bagi anak,” ujarnya.

Marjorie menambahkan, kota layak anak merupakan satu kebijakan atau strategi untuk mempercepat pencapaian pemenuhan dan perlindungan terhadap hak-hak anak.

“Kota layak anak ini agar bagaimana melihat komitmen dari pemerintah dan kepedulian terhadap anak itu sendiri,” tukasnya.

Ia berharap, kegiatan yang berlangsung selama 3 hari ini selesai, peserta bisa menyusun langkah-langkah yang dilakukan ke depan dari bidang tugas masing-masing.

“Karena selama ini kita lihat bahwa penanganan pemenuhan anak belum maksimal, misalnya dari hakim dan puskesmas harus dibekali pengetahuan konvensi hak anak sebagai representasi untuk mengintegrasi pelayanan mereka masing-masing,” tandasnya menutup. (adv/udi)

banner 1280x960
banner 120x600
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!