2022, DAK Fisik Diknas Sula Bertambah

  • Bagikan
Kadiknas Sula, Rifai Haitami. (Isrudin/NMG)

PENAMALUT.COM, SANANA – Dinas Pendidikan Kabupaten Kepulauan Sula pada tahun 2022 nanti akan mendapatkan tambahan Dana Alokasi Khusus (DAK) Fisik.

Jika pada tahun 2021 ini Diknas Sula mendapatkan DAK fisik senilai 25 miliar rupiah, pada tahun 2022 DAK fisik itu bakal naik menjadi 29 miliar atau bertambah 4 miliar dari tahun sebelumnya.

Kapala Dinas Pendidikan Sula, Rifai Haitami menuturkan, penambahan DAK fisik ini nantinya diperuntukan kepada sekolah yang membutuhkan.

Di mana sesuai dengan ketetapan pemerintah pusat untuk pekerjaannya, seperti bangun baru, rehab, bangun pagar, dan pengadaan alat TIK, pengadaan alat permainan untuk Paud, TK, pembangunan UKS, serta pembangunan perpustakaan, rehab perpustakaan, dan pembangunan laboratorium.

Meski sudah ditetapkan jumlah sekolah penerima DAK tahun 2022, Rifai berujar bahwa dari pihak Diknas akan melakukan monitoring ke sekolah-sekolah penerima DAK tersebut.

“Misalnya ada salah satu sekolah yang menerima bantuan ruang kelas baru di tahun 2022 nanti, tetapi sekolah yang bersangkutan tidak memeliki lahan, maka bantuan ini kami pindahkan ke sekolah lain,” jelasnya.

Sementara untuk sekolah yang sudah mendapatkan DAK tahun 2021, kemungkinan besar masih tetap diberikan. Untuk itu, Diknas akan melihat kondisi rill fisik sekolah di lapangan.

“Jika ada sekolah yang tidak layak bangunannya, maka tentu harus dapat, meski pada tahun 2021 ini sudah dapat. Jika sekolah yang bangunannya layak untuk digunakan tetapi dapat lagi di tahun 2022, maka tentu kami akam alihkan ke sekolah lain yang layak mendapatkan,” tukasnya. (ish/ask)

banner 1280x960
banner 120x600
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!