Operasi Zebra di Halmahera Utara Fokus Kartu Vaksin

  • Bagikan
Kasat Lantas Polres Halut, Iptu Adil. (Chido/NMG)

PENAMALUT.COM, TOBEL – Operasi zebra yang dilakukan Satuan Lalulintas (Satlantas) Polres Halmahera Utara difokuskan pada pengendara yang belum melakukan vaksinasi.

Operasi zebra yang dimulai pada Senin (15/11) dan akan berlangsung selama 14 hari ke depan dilaksanakan secara serentak di seluruh Indonesia.

Data yang diterima dari Satlantas Polres Halut, operasi zebra yang dilakukan dua hari ini mendapati pengendara yang belum divaksin sebanyak 200 orang.

“Hari pertama kita laksanakan di Galela, dan hari kedua di depan Polres Halut. Warga yang kedapatan belum divaksin kurang lebih 200 orang, mereka langsung kita arahkan ke palayanan vaksin di Polres Halut untuk divaksin,” jelas Kasat Lantas Polres Halut, Iptu Adil saat ditemui wartawan, Selasa (16/11).

Menurut Adil, operasi zebra ini lebih pada prefentif, preemtif dan edukasi. Salah satu contoh edukasi yang dilakukan di Desa Popilo, Kecamatan Tobelo Utara. Dalam edukasu itu, pihaknya memberikan pencarahan lalulitas.

“Untuk penindakan kita lihat dulu, nanti yang bisa menimbulkan fatalitas seperti ketika berboncengan tidak menggunakan helm, maka akan ada penindakan,” ujarnya.

Ia mengungkapkan, tingkat kecelakan meninggal dunia di Halut rata-rata tidak menggunakan helm. Sejak bertugas di Halut lima bulan lalu, ia terkejut melihat banyaknya pengendara yang tidak menggunakan helm.

Pihaknya juga melakukan penertiban terhadap pengendara yang memakai kenalpot racing, dan sebanyak 100 pengendara sudah ditilang.

“Bagi pengendara, agar disaat berkendara terutama membawa sepeda motor agar jangan lupa menggunakan helm demi keselamatan pengendara itu sendiri,” pintanya.

Adil juga berharap masyarakat di Halut harus semakin sadar berlalulintas, sebab salah satu tolak ukur daerah itu tertib hukum yaitu masyarakatnya tertib lalulintas.

“Sekaran Halut sudah menjadi kota terbesar kedua setelah Ternate, dari sinilah harus ditunjukan bahwa masyarakat Halut sudah mulai sadar hukum untuk menyambut kota ini lebih baik,” tukasnya. (fnc/ask)

banner 1280x960
banner 120x600
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!