MAJANG  

Portal Rusak Jadi Salah Satu Penyebab Pungli

Portal otomatis di Jatiland Mall Ternate. (Udi/NMG)

PENAMALUT.COM, TERNATE – Portal otomatis yang dipasang Pemkot Ternate untuk pengelolaan retribusi parkir sejauh ini tidak berfungsi dengan baik. Imbasnya, pungutan liar (Pungli) semakin merajalela. Ini tentu berdampak pada pengelolaan pendapatan asli daerah (PAD).

Untuk mencegah hal itu, Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Ternate bakal mengusulkan anggaran perbaikan tiga portal yang tak berfungsi itu. Ini dilakukan untuk mengurangi pungli. Ketiga portal tersebut yakni, di depan Jatiland Mall, terminal Gamalama dan pelabuhan semut.

Kepala Dishub Kota Ternate, Faruk Albaar mengatakan, portal elektronik di depan Jatiland Mall yang terpasang itu dikelola pihaknya, namun belum berfungsi secara maksimal.

“Seharusnya Pemkot yang kelola, nanti dibicarakan lagi kalau memang sudah diserahkan oleh pihak ketiga. Karena dalam aturannya, harus menunggu dari Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP). Kalau sudah dilimpahkan ke Dishub, berarti sudah dikelola,” ujar Faruk, Senin (15/8).

Menurutnya, ada beberapa titik menjadi kendalanya portal yang tidak berfungsi secara maksimal lantaran terkendala alat yang sudah rusak. Namun, kata dia, pihaknya sudah mengusulkan jika alat sudah tersedia pasti sudah berjalan maksimal. Kini yang diuji coba itu masih di pelabuhan semut.

“Untuk portal tidak berfungsi di depan Jatiland mall itu sering terjadi pungli. Di situ saya pernah turun bicarakan langsung ke pemuda Gamalama dan remaja masjid. Karena mereka yang kelola, sehingga terjadi pungli. Anehnya, orang di sekitar situ sudah lihat mengapa tidak ditangkap,” katanya.

Selain karena belum ada anggaran, lanjut Faruk, untuk pengusulan perbaikan alat portal di setiap titik ini akan diploting senilai Rp 50 juta.

“Yang kami usulkan ada 3 titik, diantaranya depan Jatiland Mall, pelabuhan semut dan areal pasar Gamalama. Karena portal ini diusulkan sejak 2019, sehingga baru diakomodir tahun ini,” pungkasnya. (udi/tan)

Respon (8)

  1. Ping-balik: hfm ดีไหม
  2. Hey there just wanted to give you a quick heads up. The text in your post seem to be running off the screen in Safari. I’m not sure if this is a format issue or something to do with internet browser compatibility but I figured I’d post to let you know. The style and design look great though! Hope you get the issue resolved soon. Kudos

  3. At this time it seems like Drupal is the best blogging platform out there right now. (from what I’ve read) Is that what you are using on your blog?

Komentar ditutup.