DAERAH  

Pansus DPRD Halut Tumpul, 6 Bulan Terbentuk tak Ada Progres

Ketua Komisi III DPRD Halut, Sahril Hi. Rauf. (Chido/NMG)

PENAMALUT.COM, TOBELO – Kinerja Pansus DPRD Halmahera Utara patut disayangkan.

Betapa tidak, sudah 6 bulan terbentuk, Pansus yang dipimpin Ketua Komisi III DPRD Halut Sahril Rauf itu tidak sanggup mengungkap penggunaan anggaran Perusahaan Umum Daerah (Perusda) PT. Halut Mandiri senilai 8,5 miliar.

Padahal, anggaran penyertaan modal sebesar 8,5 miliar dari Pemda Halut itu tidak mampu dipertanggungjawabkan.

Ketua Pansus Sahril H. Rauf, mengaku terkendala mendapatkan dokumen penggunaan anggara Perusda Halut Mandiri. Namun ia menyebut hal ini tidak akan meredup kerja-kerja Pansus. Sebab data-data yang dibutuhkan data pengadaan yang diinvestasikan ke Ake dan Perbengkelan.

Menurut dia, ada angka-angka yang perlu diindentifikasi, yaitu harga ekspedisi, bukan harga barang. Hal ini butuh penjelasan, dan inilah yang membuat Pansus merasa kesulitan.

“Karena semua angka-angka tersebut terbacanya di Surabaya. Kalaupun sampai dengan sebelum menjelang berakhir dan tidak ditemukan, maka itu bagian dari rekomendasi,” ujar Sahril kepada wartawan, Selasa (30/8).

Ia bilang, biaya tersebut akumulatif yang menurut sebuah investasi perlu dimintai klarifikasi, karena antara barang dan biaya pengeriman, biaya pengerimannya yang lebih tinggi. Sebab prinsip efisiensi itulah yang harus dicari.

“Jadi kita butuh dokumen belanja dan dokumen lainnya,” tutupnya. (fnc/ask)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.