BPKAD Malut Luncurkan aplikasi SP2DT

Kepala BPKAD Malut, Ahmad Purbaya.

PENAMALUT.COM, SOFIFI – Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Provinsi Maluku Utara meluncurkan aplikasi Sistem Pengelolaan Pencairan Dana Terintegrasi (SP2DT).

Aplikasi SP2DT ini dilaunching bertepatan dengan HUT RI ke 77. Tujuannya agar pengelolaan keuangan daerah yang lebih baik penting dilakukan agar kredibilitas pemerintah dihadapan publik dapat terjaga. Selain itu, juga dapat diakses laporan-laporan pencairan dana dan masing-masing statusnya.

“Jadi segala kegiatan dalam portal ini dapat dipertanggungjawabkan, yakni dengan log audit,” ujar Kepala BPKAD Pemprov Malut, Ahmad Purbaya.

Hadirnya aplikasi SP2DT ini adalah bentuk inovasi dalam rangka pengelolaan keuangan daerah. Sistem pada aplikasi ini merupakan sebuah software penerimaan daerah secara online yang terintegrasi uang elektronik. Dan ini juga software sistem pengelolaan dan pencairan dana yang terintegrasi.

“Jadi ada belanja dan ada pendapatan. Ini nanti dengan Bapenda (Badan Pendapatan Daerah) juga, karena Bapenda merupakan ujung tombak dari penerimaan daerah, dalam hal ini Pendapat Asli Daerah (PAD),” tambah Kabid Akuntansi dan Aset Daerah BPKAD Malut, Mansur Iskandar Alam.

Selain itu, aplikasi SP2DT ini dibuat berdasarkan regulasi yang tertuang, seperti instruksi Presiden Nomor 6 Tahun 2021 dan Permendagri Nomor 59 Tahun 2007, tentang Perubahan Peraturan Menteri, tentang Pedoman Pengelolaan Keuangan Daerah. (ano/ask/adv)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *