Kejari Sula Tahan Tersangka Dugaan Korupsi Lampu SSO

Tersangka Edy saat naik ke mobil Kejari

PENAMALUT.COM, SANANA – Tersangka kasus dugaan korupsi lampu solar single ornament (SSO) tahun 2019 ditahan Kejaksaan Negeri (Kejari) Sula.

Sebelumnya, penyidik Kejari Sula dua tersangka, yakni ES alias Edy mantan Kepala ULP Sula dan RL alias Rusmin mantan Kepala Bidang Bina Marga pada Dinas PUPRKP sekaligus pejabat pembuat komitmen (PPK). Keduanya disangkakan Pasal 2 dan Pasal 3 Undang-Undang Nomor 31 tahun 1999 sebagaimana telah diubah dengan Undang-Undang Nomor 20 tahun 2001 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi.

Kasi Intel kejari sula, Yogo Sukmana mengatakan, berkas tahap II kasus dugaan korupsi lampu SSO sudah dilimpahkan dan saat ini pelaku sedang di tahan. Penahanan tersangka dilakukan 20 hari ke depan sampai dilimpahkan ke Pengadilan Tipikor pada Pengadilan Negeri Ternate.

Menurut Yogo, jika sudah dilimpahkan ke PN Tipikor Ternate, maka penahanannya akan dipindahkan ke Ternate. Untuk sementara ini tersangka akan dititipkan ke Lapas Kelas IIB Sanana. Pelaku yang ditahan di Lapas Sanana ini hanya satu, yakni ES alias Edy selaku mantan Kepala ULP Sula. Sementara RL alias Rusmin saat ini sudah ditahan di Ternate atas kasus dugaan korupsi irigasi Kaporo yang ditangani Polda Malut.

Yoga juga mengungkapkan tidak menutup kemungkinan ada calon tersangka baru dalam kasus ini, namun itu nantinya dilihat dari fakta persidangan. “Nanti kita lihat di fakta persidangan,” ujarnya. (ish/ask)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.