MAJANG  

Akhir September, Pemkot Ternate Buka Penerimaan Tenaga Kesehatan

PENAMALUT.COM, TERNATE – Untuk memenuhi kebutuhan tenaga kesehatan, Pemkot Ternate melalui Badan Kepegawaian Pengembangan Sumber Daya Manusia Daerah (BKPSDMD) pada akhir September 2022 akan membuka pendaftaran penerimaan tenaga kesehatan.

Kepala BKPSDMD Kota Ternate, Samin Marsaoly, mengatakan sebagai panitia seleksi ASN terhadap Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) bakal mengikuti formasi yang disampaikan oleh Menpan-RB dengan nomor 872 tahun 2022 tentang calon ASN.

“Tenaga kesehatan ini dilakukan melalui tes CAT Badan Kepegawaian Negara (BKN). Sebab dari BKN sudah memberi sinyal bahwa akhir bulan September sudah mulai pembukaan pendaftaran,” ujar Samin saat diwawancarai, Rabu (21/9).

Meski begitu, Samin mengakui bahwa Pemkot akan melakukan rapat koordinasi teknis penerimaan ASN di Makassar terlebih dahulu agar secepatnya dibuka pendaftaran tersebut.

Menurutnya, terdapat sebanyak 44 tenaga kesehatan akan diprioritaskan di luar pulau Ternate. Sebab kebutuhan tenaga kesehatan di luar pulau harus terlayani sebagaimana dalam pemetaan kekurangan tenaga kesehatan.

“Jadi tenaga kesehatan sebanyak 44 ini tersebar di puskesmas Kalumata, puskesmas Jambula, puskesmas Hiri, puskesmas Mayau dan Puskesmas Pulau Moti itu sebagai tenaga promosi kesehatan,” jelasnya.

Selain itu, ia menambahkan, untuk dalam Kota Ternate tidak mendapatkan tenaga bidan dan perawat. Ini karena jumlah kebidanan dan keperawatan di Kota Ternate sudah memenuhi kebutuhan.

Tenaga kesehatan tersebut, sambungnya, terdiri dari administrator 3 orang, dokter 4 orang, epidemiologi kesehatan 4 orang, nutrisionis 10 orang, sanitarian 1 orang, pranata laboratorium 2 orang luar Ternate dan pranata laboratorium 7 orang.

“Kalau tenaga promosi kesehatan itu 10 orang, asisten apoteker 2 orang, CT scan paru paru 1 orang. Sedangkan nutrisionis diperuntukan 5 orang dalam pulau Ternate dan 5 orang di luar pulau Ternate,” tandasnya. (udi/tan)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.