Sudah Ada 75 Pelamar, Pendaftaran Panwascam di Kota Ternate Bakal Diperpanjang

Suasana pendaftaran calon anggota Panwaslu kecamatan yang berlangsung di Sekretariat Bawaslu Kota Ternate. (Aksal/NMG)

PENAMALUT.COM, TERNATE – Pendaftaran bakal calon anggota panitia pengawasan pemilihan umum (Panwaslu) Kecamatan yang dilakukan secara serentak dalam rangka pemilihan umum (Pemilu) tahun 2024 akan berakhir, Selasa (27/9) besok. Ini sesuai pedoman dari Bawaslu RI.

Ketua Bawaslu Kota Ternate, Kifli Sahlan mengungkapkan, pendaftaran dan penerimaan berkas calon anggota Panwaslu Kecamatan mulai dari 21 sampai 25 September 2022 ini total pendaftar sudah 75 orang.

Jumlah tersebut terdiri dari Kecamatan Ternate Utara sebanyak 7 orang, Ternate Tengah 14 orang, Ternate Selatan 15 orang, Pulau Ternate 6 orang, Ternate Barat 5 orang, Pulau Hiri 3 orang, Pulau Moti 18 orang, dan Pulau Batang Dua 7 orang.

“Nanti kita update lagi, karena pendaftaran dimulai pada pukul 09.00 sampai dengan pukul 17.00 WIT sore,” kata Kifli saat ditemui wartawan Nuansa Media Grup (NMG), Senin (26/9).

Menurut Kifli, pada Selasa (27/9) besok nanti adalah hari terakhir pendaftaran. Jika masih ada kecamatan yang belum mencukupi dua kali kebutuhan dan keterpenuhan 30 persen keterwakilan perempuan, maka akan dilakukan perpanjangan pendaftaran. Perpanjangan pendaftaran ini akan dilakukan seluruhnya, bukan hanya Kecamatan yang belum memenuhi keterwakilan pendaftar sebanyak 30 persen kaum perempuan.

Pihaknya meminta kepada masyarakat Kota Ternate yang memenuhi syarat pendaftaran dan berkeinginan untuk menjadi Panwaslu Kecamatan agar segera mendaftarkan diri di Kantor Sekretariat Bawaslu Kota Ternate, atau bisa juga melalui email yang sudah disampaikan melalui pengumuman website Bawaslu.

”Memang jika dilihat pendaftaran calon anggota Panwaslu kecamatan tahun ini masih ada antusias masyarakat untuk menjadi penyelenggara Pemilu, hanya saja berbagai aktivitas masyarakat masih banyak, sehingga belum sempat mendaftarkan diri. Tapi biasanya di hari-hari terakhir banyak sekali pendaftar yang kemudian masukan berkas untuk menjadi calon anggota Panwaslu,” tuturnya. (gon/ask)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *