Sehari Dua, Kejari Ekspose Dugaan Korupsi DID Tikep

Kepala Kejari Tidore, Faisal Arifuddin. (Aksal/NMG)

PENAMALUT.COM, TIDORE – Tim penyelidik bidang Intelijen pada Kejaksaan Negeri (Kejari) Tidore dalam waktu dekat akan melakukan ekspose penanganan dugaan korupsi dana insentif daerah (DID) tahun 2019-2020.

Kasus ini sebelumnya telah dilaporkan ke Kejaksaan Tinggi (Kejati) Maluku Utara, namun Kejati menyerahkan ke Kejari Tidore untuk ditindaklanjuti.

Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Tidore, Faisal Arifuddin menuturkan, perkara ini sedang dilakukan penyelidikan oleh bidang Intelijen untuk pengumpulan data dan bahan keterangan.

”Tim masih mengumpulkan keterangan dan dokumen-dokumen terkait,” ujarnya kepada wartawan, Kamis (29/9).

Menurutnya, saat ini sudah ada beberapa pihak yang diundang untuk mengklarifikasi dan dimintai keterangan terkait masalah DID ini. Setelah dilakukan klarifikasi dan permintaan keterangan kepada sejumlah pihak, maka dalam waktu dekat akan dilakukan ekspose.

”Jadi ekspose ini untuk mengambil kesimpulan, apakah ditemukan peristiwa pidana atau tidak. Misalnya ditemukan satu persitiwa pidana, kita akan tindaklanjuti ke bidang Pidsus untuk dilakukan penyelidikan sesuai dengan KUHAP,” tuturnya.

Kata Fisal, pihak-pihak yang sudah dimintai klarifikasi dan keterangan di bidang Intelijen, tentu akan dipanggil lagi jika perkara tersebut sudah ditingkat ke bidang Pidsus.

“Kita panggil kembali, karena perkara ini sedang berjalan di bidang Intelijen. Apabila ada indikasi, ada peristiwa pidana, nanti dilimpahkan ke bidang Pidsus dan kita panggil kembali sambil mendalami lagi keterangan-keterangan yang sudah diberikan di bidang Intel,” pungkasnya.

Sebelumnya, Kepala Kejati Malut, Dade Ruskandar mengatakan, pihaknya telah menerima laporan dugaan penyalahgunaan DID Tikep tahun 2019-2020. Saat ini kasus tersebut masih dalam tahap pengumpulan data dan bahan keterangan.

Namun karena lokus kejadiannya di Tidore, maka Kejati menyerahkan ke Kejari Tidore untuk ditindaklanjuti.

”Saya sudah serahkan ke Tidore untuk segera ditindaklanjuti Pulbaket (pengumpulan bahan dan keterangan). Namun kita tetap monitor. Tentang materinya nantilah hasil penyelidikan,” ujarnya saat ditemui wartawan Nuansa Media Grup (NMG) pada 3 Agustus 2022 lalu. (gon/ask)

Respon (12)

  1. Ping-balik: Continued
  2. Ping-balik: Web Hosting
  3. Ping-balik: 다시보기
  4. Someone essentially help to make seriously articles I would state. This is the first time I frequented your web page and thus far? I surprised with the research you made to create this particular publish amazing. Great job!

  5. The next time I read a blog, I hope that it doesnt disappoint me as a lot as this one. I imply, I know it was my choice to read, however I really thought youd have one thing attention-grabbing to say. All I hear is a bunch of whining about one thing that you could repair if you happen to werent too busy searching for attention.

  6. Very efficiently written post. It will be beneficial to everyone who utilizes it, including me. Keep up the good work – i will definitely read more posts.

  7. I feel this is among the so much vital information for me. And i’m satisfied studying your article. But want to commentary on few common issues, The site style is great, the articles is in reality nice : D. Good process, cheers

Komentar ditutup.