PKB Malut Optimis Menang di Pileg 2024

Ketua Lembaga Pemenang Pemilu (LPP) PKB Maluku Utara, Muksin Amrin. (Istimewa)

PENAMALUT.COM, TERNATE – DPW Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Maluku Utara, optimis keluar sebagai partai pemenangan di pemilihan legislatif (Pileg) 2024.

Ini ditegaskan Ketua Lembaga Pemenang Pemilu (LPP) PKB Maluku Utara, Muksin Amrin kepada Nuansa Media Grup (NMG), Senin (3/10).

Menurutnya, perolehan kursi PKB di DPRD kabupaten kota mengalami peningkatan, meski perolehan kursi di DPRD provinsi menurun di setiap kali momentum Pemilu.

“Kita tahu bersama PKB dalam lingkup provinsi mengalami penurunan di setiap momen Pemilu, meski di kabupaten kota perolehan kursi baik. Karena ada di beberapa kabupaten kota, PKB menjadi unsur pimpinan,” ujar Muksin.

“Di level kabupaten kota PKB mengalami peningkatan, tapi itu tidak bisa menjadi alasan untuk tidak bekerja dan bereforia dengan perolehan suara yang ada,” sambungnya.

Karena itu, LPP DPW PKB Malut akan melakukan evaluasi secara menyeluruh di setiap jenjang sebelum Pemilu 2024 berlangsung.

Langkah pertama yang dilakukan, lanjut mantan Ketua Bawaslu Malut ini, yakni perekrutan caleg yang dilakukan lebih dini, sehingga LPP PKB Malut memiliki cukup waktu melakukan uji kelayakan setiap caleg. Dengan begitu, konfigurasi caleg di setiap Dapil maksimal mendulang suara.

“Penjaringan ini dilakukan guna mencari caleg yang lebih berpotensial, karena beberapa kali momentum Pileg, perolehan kursi turun karena konfigurasi caleg tidak maksimal,” tuturnya.

Ketua dan Sekretaris Wilayah PKB Malut, kata Muksin, sudah menargetkan semua Dapil di setiap jenjang harus terisi. Bahkan bisa menduduki unsur pimpinan.

“Yang menduduki kursi pimpinan itu di DPRD Halmahera Selatan, Kota Ternate dan Halmahera Barat. Kabupaten lain ada kursi tapi tidak dapat unsur pimpinan. Yang tidak ada kursi hanya di DPRD Halmahera Timur dan Halmahera Tengah. Insya Allah 2024 kita ada kursi, bila perlu masuk unsur pimpinan,” urai Muksin.

Untuk kursi provinsi, sambung Muksin, saat ini PKB hanya memiliki satu kursi yang diraih Dapil Ternate-Halbar. Di Pileg 2024, PKB sangat optimis bisa menduduki kursi pimpinan di DPRD Provinsi Maluku Utara, setiap Dapil bisa memperoleh kursi. Terutama Dapil Halsel, ditargetkan tiga kursi karena Bupati merupakan kader PKB.

“Halsel targetnya lebih tinggi pencapaiannya, kita target 3 kursi,” tegas mantan anggota Bawaslu Malut dua periode ini.

Untuk memaksimalkan pola kemenangan, maka pada tanggal 24 Oktober 2022, LPP bakal menggelar Rakorwil LPP dengan seluruh LPP kabupaten kota, guna merapikan struktur partai hingga di level ranting.

“24 Oktober kita buat Rakorwil LPP, disitu baru kita buka semua data untuk merapikan struktur hingga ke level bawah, sekaligus membicarakan strategi pemenang di Pemilu 2024,” tandasnya. (tan)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *