Iskandar: Dugaan Proyek Bermasalah Disarpus Malut tak Boleh Dibiarkan

Iskandar Yoisangaji. (Aksal/NMG)

PENAMALUT.COM, TERNATE – Dugaan masalah proyek pembangunan depo arsip milik Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (Disarpus) Maluku Utara, kini menjadi perhatian publik luas.

Setelah Kejaksaan Tinggi (Kejati) menyatakan menelaah proyek tersebut dan mendapat dukungan dari praktisi hukum Muhammad Konoras, kini giliran Iskandar Yoisangaji angkat bicara.

Menururt dosen sekaligus advokat Maluku Utara itu menuturkan, dugaan masalah proyek tersebut tidak boleh dibiarkan begitu saja oleh penegak hukum, karena ini berkaitan dengan penggunaan anggaran negara/daerah.

Aparatur hukum, kata dia, harus mencari tahu dengan melakukan pemeriksaan atas masalah tersebut, apakah ada kerugian negara atau tidak. Kemudian juga harus dicari tahu ada peristiwa pidana ataukah tidak.

“Proyek ini diduga ada keganjalan. Semua pekerjaan itu harus disesuaikan dengan kontrak, dan dalam kontrak itu telah tertuang dengan jelas tenggang waktu pekerjaan. Misalnya jika masa kontrak selama 120 hari terhitung sejak 14 Juli 2022 dan berakhir pada 11 November 2022, namun sampai Oktober 2022 ini proyek dengan nilai Rp 1,8 miliar itu baru terlihat fondasinya, maka ini yang patut dipertanyakan,” ujarnya kepada wartawan Nuansa Media Grup (NMG), Senin (10/10).

Untuk itu, lanjut dia, selain KPA (kuasa pengguna anggaran) dan Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) pada kegiatan tersebut juga harus berani menjelaskan, apa kendalanya hingga proyek ini tidak dapat berjalan. PPK juga harus bertanggung jawab, karena kontrak atas pekerjaan ini dibuat oleh PPK.

”Kemudian proyek ini kan telah disoroti oleh Kejati Malut melalui pernyataan Kepala Seksi Penerangan Hukum (Penkum), kami berharap Kejati Malut bisa menyelesaikan masalah ini dengan melakukan pemeriksaan kepada pihak terkait agar masalah ini menjadi terang dan memperoleh kejelasan atas proyek tersebut,” tegas Sikandar mengakhiri.

Sebagaimana diketahui, proyek pembangunan gedung depo arsip tahap pertama senilai Rp 572.412.000 yang dikerjakan CV. Fausta Pratama pada November 2021 lalu hingga kini tak ada progres pekerjaannya.

Hasil penelusuran wartawan, proyek yang berlokasi di belakang Dinas Kearsipan dan Perpustakaan di Sofifi itu tak terlihat adanya tanda-tanda pembangunan.

Pemilik CV. Fausta Pratama, Irfan saat dikonfirmasi, mengaku tidak terlibat dalam pengerjaan proyek tersebut. Bahkan ia juga tidak tahu siapa pejabat pembuat komitmen (PPK) pada proyek itu.

”Itu (perusahaan) mungkin dipakai orang, saya juga lupa. Mungkin belum cair. Nanti saya cari tahu lagi. Seingat saya proyek depo arsip itu dulu tidak jadi. mungkin begitu,” katanya kepada wartawan, Rabu (5/10).

Setelah ditelurusi lebih lanjut, ternyata ada nama Abdurahman yang diketahui melaksanakan pekerjaan tersebut. Abdurahman ketika dikonfirmasi, ia juga mengaku pekerjaan itu telah selesai dikerjakan dan menghabiskan Rp 550 juta, namun hanya untuk pengerjaan tiang pancang.

“Tahap satu itu anggaranya cuman tiang pancang pada pekerjaan tahap awal, dan ini tahap dua akan dilanjutkan sekaligus dengan strukturnya,” akunya.

Meski demikian, tiang pancang yang dimaksud Abdurahman tidak berdiri seperti yang dibayangkan orang. Namun tiang pancang tersebut hanya berkisar 6 tiang dengan ketinggian tiga sampai empat meter. Bahkan diduga proyek tahap awal ini dikerjakan dalam hitungan minggu.

Sementara untuk pembangunan gedung depo tahap dua dianggarkan senilai Rp 1.365.945.230. proyek tahap dua ini dikerjakan oleh CV. Dwi Tolire Pratama dengan masa kontrak selama 120 hari terhitung sejak 14 Juli 2022. Namun sampai Oktober 2022 ini, proyek dengan nilai 1,3 miliar itu juga tak kunjung terlihat.

Pantauan wartawan di lapangan, proyek yang masa kontraknya harus berakhir pada 11 November 2022 itu hanya terlihat pembangunan fondasi gedung. (ano/ask)

Respon (4)

  1. I got what you intend, regards for putting up.Woh I am happy to find this website through google. “Money is the most egalitarian force in society. It confers power on whoever holds it.” by Roger Starr.

  2. We are a gaggle of volunteers and opening a brand new scheme in our community. Your website provided us with valuable info to paintings on. You’ve done a formidable activity and our whole neighborhood will likely be thankful to you.

  3. Hello There. I found your blog using msn. This is a really well written article. I’ll make sure to bookmark it and come back to read more of your useful info. Thanks for the post. I will certainly comeback.

Komentar ditutup.