Wakil Jaksa Agung Instruksi ke Jajaran Untuk Netral di Pemilu 2024

Wakil Jaksa Agung, Dr. Sunarta saat berkunjung ke Kejari Ternate. (Aksal/NMG)

PENAMALUT.COM, TERNATE – Wakil Jaksa Agung Republik Indonesia, Dr. Sunarta, meminta kepada seluruh jajarannya yang ada di daerah untuk netral dalan momentum pemilihan umum (Pemilu) dan pemilihan kepala daerah (Pilkada) tahun 2024 mendatang.

Hal ini ditegaskan orang nomor dua di lembaga Adhyaksa itu saat berkunjung ke Maluku Utara, Rabu (12/10) tadi.

“Untuk Kejaksaan ada peran yang mungkin kawan-kawan sudah tahu, yaitu kita berperan di sentra penegakan hukum terpadu (Gakkumdu), bahwa kita Pidumnya ada di situ semua,” kata Sunarta saat melakukan pertemuan dengan jajaran Kejaksaan di Kejati Malut.

Mantan Kepala Kejaksaan Tinggi (Kajati) Nusa Tenggara Timur ini menegaskan, Kejaksaan harus netral di Pemilu dan Pilkada tahun 2024 mendatang. Selain itu, harus menempatkan posisi sesuai dengan Tupoksi di sentra Gakkumdu.

”Jadi kalau ada perkara tindak pidana Pemilu dan Pilkada, jaksanya sudah piket di situ bekerjasama denhan penyidik. Jangan khawatir, kita intruksikan untuk netral,” tuturnya.

Ia juga menyebut jika ada temuan atau pelanggaran yang dilakukan oleh pihaknya, maka ada fungsi pengawasan, sehingga akan ditindak secara tegas.

“Di setiap daerah sudah ada pengawasan dan lain sebagainya secara berjenjang. Sehingga setiap aktivitas akan diawasi,” tegas mantan Jaksa Agung Muda Bidang Tindak Pidana Umum (Jampidum) itu. (gon/ask)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *