Bawaslu Halut Gelar Tes CAT bagi Calon Panwascam Pemilu 2024

Suasana pelaksanaan Computer Assisted Test (CAT) di gedung SMA Kristen Tobelo Halmahera Utara.

PENAMALUT.COM, TOBELO – Menjelang Pemilu 2024, peserta calon panitia pengawas pemilu kecamatan (Panwascam) mengikuti tes uji seleksi dengan sistem Computer Assisted Test (CAT) yang digelar Bawaslu Halmahera Utara, Jumat (14/10).

Seleksi tersebut dibagi menjadi enam sesi selama dua hari di gedung SMA Kristen Tobelo, Halmahera Utara.

Jumlah peserta yang mengikuti CAT pada hari pertama sebanyak 70 peserta yang dibagi dua sesi. Sesi pertama 34 peserta dan sesi kedua 37 peserta. Di sesi kedua ini informasinya 1 peserta tidak hadir.

Sementara, untuk CAT di hari kedua dibagi menjadi empat sesi. Sesi pertama 37 peserta, sesi kedua 37 peserta, sesi ketiga 38 peserta dan sesi keempat 32 peserta.

“Awalnya ada sedikit kendala, tapi Alhamdulillah telah diselesaikan dengan waktu yang ditentukan. Bahkan para peserta juga telah menyelesaikan soal dengan aman tanpa terkendala jaringan,” ujar Ketua Bawaslu Halut, Rafli Kamaluddin kepada Nuansa Media Grup (NMG).

Harapannya, kata Rafli, peserta tersebut dapat menyelesaikan soal dengan lancar, dan terbukti mereka telah menyaksikan skor nilai yang muncul.

“Oleh karena itu, saya sangat berharap agar ini menjadi kepuasan bagi mereka sendiri yang telah mengerjakan soal dan di situlah mengukur kemampuan mereka masing-masing,” katanya berharap.

Menurutnya, terkait dengan nilai, semuanya merupakan rekapan dari Bawaslu RI dan Bawaslu Provinsi, karena servernya ada di mereka.

“Oleh karena itu, kita tidak bisa menentukan atau mengatur, nanti kita akan menerima hasil dari Bawaslu Provinsi yang dikirim dari Bawaslu RI. Dari situlah kemudian ditetapkan atau diplenokan di tingkat pimpinan dengan pokja, siapa-siapa yang masuk enam besar berdasarkan rekap yang disampaikan Bawaslu Provinsi ke Bawaslu Kabupaten,” jelasnya. (fnc/tan)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *