MAJANG  

Kadishub Benarkan Ada Pungli, Anak Buahnya Membantah

Kabid Darat dan Terminal pada Dishub Kota Ternate, Abd Rizal Hakim. (Udi/NMG)

PENAMALUT.COM, TERNATE – Kepala Bidang Angkutan Darat dan Terminal pada Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Ternate, Abd Rizal Hakim, menepis tudingan dugaan pungutan liar yang ditujukan kepadanya.

Tudingan tersebut sebelumnya diunggah seorang warganet di kolom komentar media socsial facebook.

Rizal mengatakan, tudingan tersebut tidak memiliki dasar yang jelas. Ia mengaku, pungutan liar kepada para pedagang tidak pernah terjadi di kawasan jalan Revolusi, Kota Ternate.

“Jadi saya tegaskan bahwa tidak ada pungli, baik itu di oto (mobil) konter, maupun di pedagang kaki lima di kawasan jalan revolusi,” jelas Rizal saat diwawancarai, Rabu (19/10).

Menurut Rizal, akun facebook bernama Nyong Chezter yang menuduhnya melakukan praktik Pungli ke pedagang merupakan akun palsu (fake account).

Plt. Kadishub Kota Ternate, Anwar Hasjim. (Udi/NMG)

Ia menyebut tudingan netizen ini justru sangat menyudutkannya.

“Jadi saya sayangkan pemberitaan yang mengangkat komentar dari akun yang tidak jelas ini. Akun ini memang beberapa kali sudah menyerang sejumlah pihak, dan memang itu akun fake,” tutur Rizal.

“Kalaupun dia katakan itu Pungli, dia harus menemui kami, punglinya di mana?,” sambung Rizal dengan nada tanya.

Sebelumnya, Plt. Kepala Dinas Perhubungan Kota Ternate, Anwar Hasjim kepada sejumlah wartawa, mengaku ada oknum di Dishub yang melakukan Pungli terhadap para pedagang dengan menggunakan mobil konter.

“Saya sudah mendengar adanya praktik dugaan Pungli oleh oknum staf saya kepada para PKL dan penjual pulsa,” kata Anwar Hasjim belum lama ini.

Fatalnya lagi, kata Anwar, PKL dan penjual pulsa ini rupanya sudah memberikan “suap” kepada oknum petugas Dishub agar bisa diizinkan berjualan di badan jalan.

“Setahu saya, PKL atau mobil penjual pulsa tidak diterapkan penarikan retribusi, terutama di kawasan jalan Pahlawan Revolusi. Tapi sudah terjadi, maka hal itu ada indikasi Pungli pada wilayah tersebut. Untuk itu, nanti saya turun langsung mengkroscek berapa jumlah besaran uang yang disetor pihak PKL ke oknum petugas,” tuturnya.

Anwar berjanji pihaknya akan mendalami dugaan Pungli tersebut terhadap oknum stafnya. Apalagi stafnya itu menduduki salah satu jabatan strategis di Dishub Ternate.

“Meski yang bersangkutan memiliki jabatan yang strategis, namun ketentuan Pungli harus ditindak tegas sesuai dengan peraturan yang berlaku, dan ancamannya bisa kena sanksi mutasi,” tegasnya. (udi/tan/ask)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *