DAERAH  

Kemenag Halbar Minta Jemaah Calon Haji 2023 Lengkapi Persyaratan

Kasi PHU Kemenag Halbar, Hj. Fahria Usman.

PENAMALUT.COM, JAILOLO – Meski proses keberangkatan jemaah calon haji 2023 masih lama, namun Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Halmahera Barat nampaknya sudah mulai bersiap untuk menyambut rukun Islam yang kelima itu.

Hal itu terlihat setelah Kemenag Halbar memanggil jemaah calon haji untuk mengumpulkan berkas-berkas perlengkapan, terutama data diri dan administrasi untuk diperbaharui kembali.

Ini disampaikan Kepala Seksi (Kasi) Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Kemenag Halbar, Fahria Usman, kepada Nuansa Media Grup (NMG), Kamis (20/10) kemarin.

Fahria mengatakan, menindaklanjuti kebijakan Kepala Kantor Kemenag Halbar, maka pihaknya memanggil jemaah calon haji untuk dimintai perlengkapan administrasi agar diperbaharui kembali. Ini dilakukan sebagai upaya antisipasi kemungkinan masih ada yang datanya dari 8 hingga 10 tahun lalu.

“Jadi pertimbangannya, Kepala Kantor Kemenag Halbar panggil jemaah calon haji untuk diperbarahui data-data. Paling tidak sudah ada pembinaan persiapan. Kalau misalnya keputusan Arab Saudi tidak sesuai, saya minta jemaah calon haji menerima keputusan ini,” tutur Fahria.

Selain itu, kata dia, bulan depan pihaknya bakal memanggil kembali jemaah calon haji untuk pembinaan manasik. Ia menegaskan, ini bukan kuota yang sebenarnya, sembari menungu keputusan final dari Pemerintah Arab Saudi.

“Jadi kami tidak mengacu pada kuota tahun 2022, karena dengan pertimbangan musim haji ini tinggal 5 bulan kedepan. Kalau kami memakai kuota 32, kemudian tiba-tiba keputusan dari Arab Saudi untuk kembali ke kuota awal, bagaimana dengan persiapan pembinaan jemaah calon haji nanti,” ujarnya.

“Kalau kuotanya kembali ke semula menjadi 68, maka persiapan pembinaan sudah dilakukan oleh Kemenag Halbar,” sambungnya mengakhiri. (uum/tan)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *