Tiga Bulan PTT Disdik Ternate Belum Terima Gaji

Kantor Dinas Pendidikan Kota Ternate.

PENAMALUT.COM, TERNATE – Terhitung Agustus hingga Oktober 2022, honor Pegawai Tidak Tetap (PTT) di Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Ternate belum terbayarkan.

Kasubag Keuangan Disdik Kota Ternate, Irnawati, mengaku tunggakan pembayaran honor ke PTT ini lantaran anggaran tersebut didorong pada APBD perubahan. Sehingga saat ini pihaknya masih menunggu hasil evaluasi dari pemerintah provinsi (Pemprov) Malut.

“Anggaran awal yang direncanakan Disdik hanya 6 bulan. Makanya mekanisme pembayaran sesuai dengan anggaran yang ada. Nanti kemudian ditambahkan di anggaran APBD perubahan,” jelasnya kepada Nuansa Media Grup (NMG), Selasa (25/10).

“Sementara ini anggaran perubahan ketika saya cek di BPKAD pada Senin kemarin, ternyata belum disahkan oleh provinsi. Ini kalau sudah disahkan kita sudah mulai bikin permintaan,” sambungnya.

Karena itu, dalam waktu dekat, jika Pemrov Malut sudah melakukan evaluasi, maka secepatnya bakal dilakukan permintaan.

“Kalau APBD-P sudah disetujui provinsi, mungkin kita minta sampai November. Tinggal 5 bulan berjalan. Untuk besar anggaran yang didorong ke APBD perubahan itu sebesar Rp 2,9 miliar,” ujarnya.

Ketika ditanyakan alasan gaji PTT tidak dimasukkan setahun di APBD Induk kemarin, ia hanya bisa memberi tanggapan bahwa wewenang itu berada pada Kasubag Perencanaan.

“Kenapa tidak dianggarkan 12 bulan sekaligus ke APBD induk, itu bukan ranahnya saya karena itu wewenangnya Kasubag Perencanaan,” tuturnya.

Terpisah, Kepala Disdik Kota Ternate, Muslim Gani, menerangkan soal gaji PTT tidak dianggarkan ke APBD Induk itu merupakan perencanaan 2021 dan kebijakan berada pada Kadis sebelumnya.

“Kenapa tidak didorong ke APBD Induk, karena perencanaan 2021 pelaksanaannya 2022. Kenapa tidak didorong, saya jadinya kapan? Yang pasti sisanya akan dibayar. APBD-P sudah disahkan dan sekarang masuk tahap evaluasi provinsi. Setelah hasil evaluasi selesai dan dikembalikan ke kota baru diusul proses pencairan,” pungkasnya. (ano/tan)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *