Berkas Kasus Haornas Ditargetkan Rampung Bulan Ini

Tersangka kasus Haornas, Sukarjan Hirto (tengah) di bawa ke Rutan dengan tangan diborgol beberapa waktu lalu. (Aksal/NMG)

PENAMALUT.COM, TERNATE – Penyidik tindak pidana khusus (Pidsus) Kejaksaan Negeri (Kejari) Ternate dalam waktu dekat akan menyerahkan berkas tahap satu kasus dugaan korupsi kegiatan hari olahraga nasional (Haornas) tahun 2018.

Di mana dalam kasus ini, penyidik telah menetapkan dua tersangka. Keduanya adalah mantan Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Kadispora) sekaligus Sekertaris Panitia Kegiatan Haornas, Sukarjan Hirto, dan YC yang merupakan Direktur CV. NK selaku tim kreatif pada kepanitiaan nasional kegiatan Haornas.

Pelaksana Harian (Plh) Kasi Intel Kejari Ternate, Muhammad Adung, mengatakan dalam waktu dekat ini penyidik akan melakukan tahap satu ke Jaksa peneliti. Bahkan pihaknya menargetkan pada bulan ini juga sudah tahap dua.

“Insyah Allah bulan ini juga langsung tahap dua,” jelas Muhammad Adung saat ditemui wartawan Nuansa Media Grup (NMG), Kamis (3/11).

Menurut Adung, pihaknya juga menargetkan setelah penyerahan tersangka dan barang bukti (tahap dua), selanjutnya akan dilimpahkan ke persidangan.

“Kita usahakan di bulan November ini juga sudah limpah berkas perkara ke Pengadilan,” tukasnya.

Sebelumnya, mantan Kadispora sekaligus Sekertaris Panitia, Sukarjan Hirto ditetapkan sebagai tersangka berdasarkan surat Nomor: TAP-03/02.10/fd.2/07/2022 pada tanggal 26 Juli 2022 yang ditanda tangani oleh Kepala Kejaksaan Negeri Ternate, Abdullah.

Sedangkan tersangka YC merupakan Direktur CV NK selaku tim kreatif pada kepanitiaan nasional kegiatan Haornas ditetapkan tersangka berdasarkan surat penetapan Kepala Kejaksaan Negeri Ternate tentang penetapan tersangka nomor: TAP – 02/Q.2.10/Fd.2/07/2022.

Sebagaimana diketahui, Kegiatan Haornas bersumber dari dua mata anggaran, yakni Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) senilai Rp 2,5 miliar, dan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Kota Ternate senilai Rp 2,8 miliar.

Kegiatan ini berjalan tahun 2018. Disaat itu, mendiang Burhan Abdurahman masih menjabat Wali Kota Ternate dan Sekretaris Daerah (Sekda) sekaligus ketua tim anggarannya adalah M. Tauhid Soleman yang saat ini menjabat sebagai Wali Kota Ternate. M. Tauhid Soleman juga pada saat itu bertindak selaku Ketua Panitia Haornas. (gon/ask)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *