DAERAH  

Talkshow Makin Cakap Digital dan Sharing Ternate Trail Adventure Digelar di Fort Oranje

Flyer talkshow dan sharing makin cakap digital.

PENAMALUT.COM, TERNATE – Transformasi digital memberi ruang ekspresi bagi berbagai kalangan masyarakat di tengah perkembangan zaman yang terasa sulit untuk dibendung saat ini. Ruang ekspresi tersebut juga ditandai dengan ragam aktivitas dari berbagai kelompok komunitas masyarakat dalam berbagai bidang kehidupan, di antaranya adalah para bikers, pecinta alam dan dunia otomotif.

Tentunya ragam aktivitas komunitas seperti yang dilakukan oleh mereka bukanlah didasarkan semata-mata kareea hobi samata, melainkan ada narasi yang melatari spirit penyelenggaraan event tersebut. Seperti terus mendorong partisipasi publik dalam pelaksanaan pembangunan pariwisata melalui sport tourism, bahkan merupakan wujud dukungan untuk memperkuat kapasitas masyarakat di tengah dampak pandemik Covid-19, sehingga agenda-agenda pemulihan ekonomi masyarakat semakin menjadi nyata.

Flyer talkshow dan sharing makin cakap digital.

Seolah ikut turut mengampanyekan program nasional dari Kominfo RI yang berlabel Literasi Digital melalui empat pilar utamanya yaitu: Cakap Digital, Etika Digital, Budaya Digital dan Keamanan Digital managemen program literasi digital Maluku-Papua menginisiasi untuk berkolaborasi melakukan giat kampanye makin cakap digital dalam balutan gelaran event bertajuk “Talkshow dan Sharing Ternate Trail Adventure Community Berbincang Makin Cakap Digital”.

Ketua Ternate Jeep Community, Bung Rudy Djafar, mengapresiasi kolaborasi event ini seraya mengemukakan bahwa, anggota jeep community perlu memahami berbagai hal yang berkaitan dengan literasi digital, sehingga menjadi makin cakap digital terutama ketika menggunakan berbagai platform media digital yang tersedia saat ini bagi kepentingan promosi dan penyebarluasan informasi, edukasi dan juga sebagai sarana hiburan di tengah kepenatan aktivitas dalam kehidupan sehari-hari”.

“Pemahaman tentang literasi digital bagi para anggota komunitas dan masyarakat luas akan membawa dampak positif bagi kita semua untuk memaksimalkan peran dalam menggunakan berbagai jejaring di media sosial, terutama dalam hal penyebaran informasi yang jauh dari hoaks dan lain-lain sebagainya,” ujar Rudy.

Ketua Panitia, Muhdi Thahir.

Sementara itu, Muhdi Thahir selaku penanggung jawab event dari Ternate Trail Adventure Community mengatakan, bahwa kampanye literasi digital dalam gelaran event ini tentu sangatlah bermanfaat untuk memajukan dunia pariwisata Maluku Utara, khususnya dalam hal sport tourism untuk memperkenalkan potensi destinasi wisata alam yang kaya akan keanekaragaman hayatinya, mengenal masyarakat lokal sekaligus kebudayaannya.

“Sehingga setelah mengikuti talkshow makin cakap digital, maka diharapkan kita dapat lebih makin cakap memanfaatkan berbagai platform digital bagi kepentingan pembangunan kepariwisataan misalnya maupun bidang-bidang lainnya,” jelas Muhdi.

Gelaran talkshow tersebut akan menghadirkan para narasumber, yakni Suleman Hi. Daud (Ketua T2AC), Ruddy Djafar (Ketua Ternate Jeep Community), Andi Zulfikar AR (Penjelajah), Fenny Kiat, S.TP.,M.Si (Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Halmahera Barat), Saya Khoko (konten kreator), Rahman Muhammad / Tete Ko (konten kreator), Pricillia Kharie (konten kreator), dan Rinaldi Dios (konten kreator).

Selain itu juga akan dimeriahkan oleh penampilan para musisi terbaik Maluku Utara, yakni Choky Umasangadji (vokalis), Nissa Assagaf (drumer), dan diiringi oleh Dumtruck Band serta perfomance band yang di gandrungi milinials 11: 45 band.

Sedangkan yang akan terlibat dalam gelaran event ini adalah terdiri dari ragam komunitas yang berbasis pada komunitas adventure seperti KPA. Abdas Ternate, KPA.K.A.F Gamalama, Mapala IAIN Ternate, Bengo Camp, E2 Adventure, KPGIR Malut, Strek Hiker, serta beberapa komunitas otomotif seperti B2SC, CB Ragat, KNTC, Gamalama Motor Club, VIMU serta masyarakat luas.

Dipastikan gelaran event ini akan menghadirkan ribuan orang mengingat dunia adventure sebagaimana tematik event ini merupakan bagian dari kehidupan kaum milenial Maluku Utara. Mereka yang gemar menekuni dunia penuh petualangan di alam terbuka. Mengutip sebuah pepatah: “Hidup adalah Petualangan”, demikian kata pepatah yang sarat .makna dan akan lebih terasa bagi mereka yang menggeluti dunia petualangan itu sendiri.

“Ya, sebuah dunia yang banyak digandrungi oleh kaum muda yang gemar berbagi di berbagai platform digital yang menampilkan berbagai destinasi yang menarik di setiap jengkal bumi yang dijelajahi. Mulai dari keindahan alamnya yang eksotis, keramahan penduduk yang humanis hingga kearifan budaya lokal yang menarik dan memukau,” tuturnya.

Untuk mengenal lebih dekat siapa dan darimana saja komunitasnya? Apa saja yang diperbincangkan oleh para narasumber? bagaimana keseruannya? Semuanya akan dapat diketahui dalam acara Talkshow dan Sharing Ternate Trail Adventure Community Berbincang Makin Cakap Digital yang akan dilaksanakan pada Jumat, (3/3) pukul 20.00 WIT di area creative space Pasar Melayu, Fort Oranje Ternate. (tan)

Respon (8)

  1. Very nice post and straight to the point. I am not sure if this is really the best place to ask but do you folks have any thoughts on where to hire some professional writers? Thx 🙂

  2. I’m truly enjoying the design and layout of your site. It’s a very easy on the eyes which makes it much more enjoyable for me to come here and visit more often. Did you hire out a developer to create your theme? Fantastic work!

  3. Generally I don’t read post on blogs, but I would like to say that this write-up very forced me to try and do so! Your writing style has been surprised me. Thanks, very nice article.

  4. Hello there, I found your site by the use of Google while searching for a similar subject, your web site got here up, it appears great. I have bookmarked it in my google bookmarks.

  5. hi!,I like your writing so much! share we be in contact extra about your article on AOL? I require an expert in this house to solve my problem. Maybe that’s you! Having a look forward to look you.

  6. I’ve been exploring for a little bit for any high quality articles or weblog posts on this sort of area . Exploring in Yahoo I ultimately stumbled upon this web site. Studying this info So i’m glad to exhibit that I have a very good uncanny feeling I found out just what I needed. I such a lot indubitably will make sure to don’t forget this website and provides it a look on a continuing basis.

Komentar ditutup.