Dianggap Membahayakan, Warga Keluhkan Cara Tilang Satlantas Polres Ternate

Kegiatan tilang di Kota Ternate belum lama ini

PENAMALUT.COM, TERNATE – Warga keluhkan cara tilang yang dilakukan Satuan Lalulintas (Satlantas) Polres Ternate. Pasalnya, tilang yang dilakukan dengan cara mengejar kendaraan lalu mencabut kunci motor itu dianggap membahayakan keselamatan pengendara.

Iksan salah satu warga Kota Ternate mengatakan, cara tilang yang dilakukan oleh Satlantas yang ada di Maluku Utara khususnya Kota Ternate perlu mendapatkan perhatian serius oleh Kapolres Ternate, AKBP Niko Irawan. Sebab tilang yang dilakukan ini jauh dari kata Presisi. 

“Petugas Lantas yang melakukan tilang seharusnya lebih beradap, karena tilang yang dilakukan sangat membahaya pengendara. Tidak boleh kejar pengendara yang melanggar lalu mencabut kunci motor yang dalam keadaan berjalan,” katanya dengan nada kesal.

Menurut dia, harusnya razia pelanggar lalulintas dilakukan di tempat dan dengan cara yang tidak mengganggu keamanan, keselamatan, ketertiban, dan kelancaran lalu lintas. Polisi juga wajib menempatkan tanda yang menunjukkan adanya razia minimal 50 meter sebelum tempat digelarnya pemeriksaan kecuali dalam hal tertangkap tangan.

“Tanda yang menunjukkan adanya razia juga harus ditempatkan di tempat yang mudah terlihat oleh pengguna jalan,” jelasnya.

Untuk itu, dia meminta kepada Kapolres Ternate agar melakukan evaluasi kepada petugas Lalulintas yang melakukan tilang semacam ini, agar tidak terulang kembali.

Sementara Kapolres Ternate AKBP Niko Irawan saat dikonfirmasi wartawan mengatakan akan segera berkoordinasi dengan Kasatlantas untuk memfasilitasi keluhan-keluhan warga terkait dengan tindakan-tindakan petugas di lapangan. 

Dia bilang, pada dasarnya pihaknya melayani keselamatan dan keamanan warga/ pengendara.

“Oleh karena itu, saya juga berharap  warga agar sadar dan patuh terhadap peraturan lalulintas. Sehingga tidak perlu takut/resah dengan kehadiran petugas lalulintas,” harapnya. (gon/ask)

Respon (3)

  1. Harusnya sesuai SOP boss, kl tidak sesuai SOP ya harus dievaluasi. walaupun yg dikejar adalah penjahat tapi harus sesuai ketentuan UU, tra boleh sabarang. Itu dpe nama takaruang.

  2. Я очень хотел бы с Вами поговорить.
    Выпечка из тандыра отличается великолепным вкусом, пышностью и привлекательным ароматом, adp-russia а также полной отсутствием химических добавок и красителей.

  3. Tr usah evaluasi pak, bagitu suda. Orang kalau tertib dia tidak akan hawatir dan mengeluh. Yang dikejar petugas pasti orang yg tr tertib. Banyak kejahatan jalanan di ternate pak jadi razia saja terus. Semangat Pak Pol!!!

Komentar ditutup.