Kejari Ternate Musnahkan Barang Bukti Tipidum dan Pidsus

Pemusnahan barang bukti oleh Kejari Ternate

PENAMALUT.COM, TERNATE – Kejaksaan Negeri (Kejari) Ternate memusnahkan barang bukti perkara tindak pidana umum dan khusus periode September-November 2023 pada Kamis (7/12).

Kasi Barang bukti Kejari Ternate, Muhammad Adung, mengatakan jumlah perkara kegiatan pemusnahan barang bukti untuk perkara tindak pidana umum yang telah mempunyai kekuatan hukum tetap (incraht) sebanyak 28 perkara.

Perkara penyalahgunaan Narkotika sebanyak 25 perkara terdiri dari sabu sebanyak 7 perkara, ganja sebanyak 18 perkara. Selain itu juga terdapat tindak pidana kesehatan 1 perkara dan tidak pidana umum lainnya 2 perkara.

Jenis barang bukti yang dimusnahkan tindak pidana penyalahgunaan narkotika terdiri dari ganja sebanyak 3.380,2 gram, sabu sebanyak 67, 76 gram, dan tindak pidana kesehatan sebanyak 1.567 botol minyak tawon palsu dengan berbagai ukuran. 

Senjata api satu buah pucuk senpi rakitan laras panjang model Ss1, 2 buah pucuk senpi rakitan laras panjang model Ak, dua buah magazen Ss1, 19 buah butir amunisi/peluru Ss1 kaliber 5,56, 4 amunisi V2 kaliber 7.62 dan 4 butir amunisi kaliber 12,7. 

“Untuk barang bukti senjata api akan diserahkan ke TNI atau Kodim 1501 Ternate untuk dilakukan pemusnahan. Ini berdasarkan petunjuk pimpinan kami akan serahkan ke Kodim untuk digunakam atau dimusnahkan seperti halnya TNI musnahkan senjata yang sudah tidak bisa dipakai kembali,” ujarnya.

Sementara Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Ternate, Abdullah, memberikan atensi terhadap perkara penyalagunaan narkotika. Sebab, kata dia, ini menjadi perkara yang menonjol untuk di Kota Ternate. 

“Yang sangat menarik dihadapan kita ini ada senjata organik bisa diklasifikasikan memiliki kesamaan dengan senapan yang ada di TNI. Kami akan menyerahkan hal ini kepada Kodim untuk dapat dimanfaatkan. Jika tidak sesuai penomoran, maka dapat dilakukan pemusnahan,” tandasnya. (gon/ask)

Respon (3)

  1. I have to express thanks to this writer just for rescuing me from this situation. Because of surfing throughout the the net and getting basics that were not pleasant, I thought my life was done. Existing minus the answers to the issues you have fixed all through your good posting is a serious case, and ones which could have badly damaged my career if I had not come across your website. The ability and kindness in playing with all areas was helpful. I don’t know what I would’ve done if I hadn’t encountered such a step like this. I can also now look forward to my future. Thank you very much for your expert and amazing guide. I will not be reluctant to endorse the sites to any individual who would need direction about this issue.

Komentar ditutup.