Kunjungi Kantor SAR Ternate, Kepala Basarnas Harap Ada Perhatian Pemda

Kepala Basarnas RI, Marsekal Madya TNI Kusworo.

PENAMALUT.COM, TERNATE – Kepala Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) Republik Indonesia, Marsekal Madya TNI Kusworo, melakukan kunjungan ke Kantor SAR Ternate, Rabu (13/12).

Dalam kunjungan itu, Marsekal Kusworo mengaku telah mengakomodir masukan- masukan dan permasalahan dari Kantor SAR Ternate, salah satunya terkait usulan rencana kenaikan kelas satu tingkat yakni dari B ke A.

Usulan ini, kata dia, telah dibahas sejak tahun lalu dan tahun ini juga diusulkan kembali. Bahkan sudah dibahas di rapat dengar pendapat (RDP) dengan Komisi V DPR RI.

Tentu peningkatan kelas ini nanti konsekuensinya adalah alut dan personel akan ditambah. Asetnya juga demikian. Sehingga sambil menunggu proses peningkatan kelas, akan diupayakan ke depan untuk melengkapi Alut maupun personelnya.

“Karena batas ranah saya hanya mengusulkan dengan kemitraan lembaga terkait.

Tentunya di sana tahapan-tahapan itu memang harus dilalui dengan satu kajian,” ujarnya.

Wilayah Maluku Utara merupakan daerah kepulauan dan dikelilingi oleh lautan. Apalagi daerah Morotai yang berbatasan dengan Philipina yang tentu itu masih butuh penambahan baik personel maupun alat peralatan yang akan diupayakan untuk dipenuhi.

Meski peningkatan kelas dari B ke A masih dalam proses, namun diupayakan agar pos maupun aset-aset yang saat ini masih banyak yang numpang.

“Mungkin ada kebaikan hati dari pemerintah daera setempat saya juga ucapkan terima kasih, karena di kasih tempat. Harapan saya nanti ke depan kita bisa tindaklanjuti menjadikan satu aset Basarnas yang nantinya mudah untuk upgrade, apakah unit menjadi pos ataupun mungkin pos menjadi Kansar atau Kansar tipe B menjadi A. karena konsekuensinya itu ada,” harapnya.

“Kalau sudah aset kita sendiri, konsekuensi untuk bisa membangun lebih mudah dibangding kalau kita masih dipinjamkan atau masih nyewa. Itu pertanggungjawabannya untuk upgrade atau membangun secara permanen belum bisa, di situ kendala kita,” sambungnya menutup. (gon/ask)

Respon (1)

  1. Write more, thats all I have to say. Literally, it seems as though you relied on the video to make your point. You obviously know what youre talking about, why waste your intelligence on just posting videos to your site when you could be giving us something informative to read?

Komentar ditutup.