DAERAH  

AWPI Halmahera Utara Gelar Raker, Samud Taha: Wartawan Harus Jaga Integritas

PENAMALUT.COM, TOBELO – DPC Asosiasi Wartawan Profesional Indonesia (AWPI) Halmahera Utara menggelar rapat kerja (raker), di lantai II Galaxy Mart, Rabu (24/4). Kegiatan dengan tema “Mewujudkan Jurnalis yang Profesional, Integritas dan Bebas” ini secara resmi dibuka Asisten III Bidang Ekonomi dan Pembangunan Halmahera Utara, Samud Taha.

Dalam sambutannya, Samud menyampaikan wartawan yang tergabung dalam suatu organisasi pers, tentunya sadar dan bertanggung jawab menjalankan kerja-keja jurnalis, seperti mengumpulkan data kemudian menyajikan ke publik.

Ia menuturkan, kebutuhan publik harus disediakan oleh jurnalis atau wartawan, sehingga kebutuhan masyarakat terhadap informasi terpenuhi. Selain itu, Samud juga mengingatkan kepada wartawan agar selalu menjaga profesional dan integritas berdasarkan tema yang diusung. 

“Selaku pemerintah daerah, kami mendukung serta mengapresiasi setiap anak bangsa yang ingin maju membangun negeri. Saya percaya pemuda yang tergabung dalam AWPI ini adalah anak-anak yang mempunyai pemikiran cerdas,” ucapnya.

Oleh sebab itu, pemda berharap agar para pemuda yang sudah tergabung dalam suatu organisasi, saling mendorong dan memotivasi serta saling mengajak untuk bergabung agar tumbuh dan berkembang bersama.

Sementara itu, Ketua AWPI Halut, Bertjovi Pangkei, menegaskan raker yang dilaksankan ini adalah semangat program nasional yang telah berlangsung melalui Rakernas AWPI di Jakarta tahun lalu.

“Salah satu bidang yang tidak dimiliki AWPI Halut yaitu bidang investigasi dan pemberdayaan. Kenapa bidang ini yang menjadi dorongan utama buat AWPI, karena motivasi investigasi adalah bagian dari tanggung jawab seorang jurnalis atau pers untuk mengungkapkan suatu fakta yang tersembunyi. Ini merupakan suatu moto dan visi misi AWPI untuk menyampaikan kebenaran melalui karya,” jelasnya.

Sekadar diketahui, kegiatan tersebut dihadiri Kepala Seksi Perdata dan Tata Usaha Kejari Halut M Yusuf Indra, Azharul Halim perwakilan Pengadilan Negeri Halut, Pasi Intel Kapten Infantri Rehan, Sekretaris Kesbangpol Halut Anwar M Nasir, Sekretaris Kominfo Dalton Sero, Kaleb Lasa Plh Kabid Prestasi pada Dinas Pemuda dan Olahraga, J. Palpialy Kasi Kurikul dari Dinas Pendidikan, Saskar Temurubun Kasi Ops Satpol PP, Safrudin Lauhin.

Selanjutnya, Staf KPPN Tobelo M Irwan Ladifani, Maria A.B Djuribasa Pertama Satpol PP, Atik Purnomorio selaku Kepala KPPN Tobelo, Alfa Suntoro selaku Kodim 1508/Tobelo, serta Theovani dari BNN Halut. (fnc)