Anggaran Pembangunan RSP Makian Diduga Dikorupsi, Polda Jadwalkan Periksa Kadis Kesehatan Halmahera Selatan

Pembangunan RS Pratama Pulau Makian yang terbengkalai

PENAMALUT.COM, TERNATE – Penyidik Direktorat Reserse Kriminal (Ditreskrimsus) Polda Maluku Utara menjadwalkan pemeriksaan terhadap Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Halmahera Selatan Asia Hasim atas dugaan korupsi anggaran pembangunan Rumah Sakit Pratama (RSP) Pulau Makian.

Proyek yang dianggarkan senilai Rp 44.234.325.748,88 melalui dana alokasi khusus (DAK) tahun 2023 yang melekat di Dinas Kesehatan Kabupaten Halmahera Selatan itu diduga disalahgunakan. Bahkan proyek yang ditangani PT. Bina Bangun Sakti itu tidak tuntas dan terbengkalai.

Direktur Reskrimsus Polda Maluku Utara, Kombes Pol Afriadi Lesmana, mengatakan pihaknya akan melakukan pemeriksaan kepada semua pihak yang ada kaitannya dengan pembangunan RS Pratama Makian, termasuk Kepala Dinas Kesehatan Halmahera Selatan.

Direktur Reskrimsus Polda Maluku Utara, Kombes Pol Afriadi Lesmana. (Aksal/NMG)

“Semua pihak yang ada kaitan akan kita periksa. Begitu juga Bupati nanti kita jadwalkan,” katanya saat diwawancarai usai upacara Hari Bhayangkara ke-78 di Lapangan Salero Ternate, Senin (1/7).

Menurutnya, Kadis Kesehatan Asia Hasim diperiksa dalam kapasitasnya sebagai kuasa penggunana anggaran (KPA) proyek tersebut. Semua proses pencairan tentu melalui persetujuan dari Kadinkes selaku KPA. (gon/ask)