Polda Malut Naik Dari Tipe B ke Tipe A

0
Mapolda Maluku Utara.

TERNATE, Nukila.id – Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia (Kapolri) Jenderal Pol. Idham Aziz, Rabu (22/04/2020) kemarin, bertempat di Rupatama Mabes Polri meresmikan peningkatan tujuh Kepolisian Daerah (Polda) di Indonesia dari tipe B ke tipe A. Polda Maluku Utara termasuk dari 7 Polda yang diresmikan peningkatan tipe dari B ke tipe A. Selain itu, ada juga Polda Sultra, Polda Gorontalo, Polda Kep. Babel, Polda Papua Barat, Polda Sulbar dan Polda Kaltara.

Polda Maluku Utara yang berdiri sejak 2003 dan kini telah berusia 17 tahun, telah resmi menjadi Polda Maluku Utara Tipe A. Peningkatan Tipologi Polda Maluku Utara ini membuktikan bahwa Polda Maluku Utara telah layak untuk dinaikan tipe dari B ke A melalui penilaian-penilaian dari segi dimensi geografi, demografi, dumber daya alam, ideologi, politik, ekomomi, sosial budaya, harkambtibmas dan kemampuan kesatuan dari kemenpan-RB.

Setelah Kenaikan Tipologi Polda Maluku Utara menjadi A, disaat yang bersamaan dikukuhkan juga Pati/Pamen Polri dari jabatan lama/dimutasikan dalam jabatan baru melalui Surat Telegram Kapolri Nomor ST/1278/IV/KEP./2020 tertanggal 22 April 2020.

Untuk Pati/Pamen Polda Maluku Utara yang di Kukuhkan dalam jabatan baru yaitu Kapolda Maluku Utara Brigjen Pol. Rikwanto, dikukuhkan sebagai Kapolda Maluku Utara, Wakapolda Maluku Utara Kombes Pol. Lukas Akbar Abriari, dikukuhkan sebagai Wakapolda Malut, Irwasda Polda Malut Kombes Pol. Dicky Kusumawardhana, dikukuhkan sebagai Irwasda Polda Malut.

Sedangkan untuk pejabat Utama Polda Malut yang dikukuhkan yaitu Karo Ops Polda Malut, Karo Rena Polda Malut, Karo SDM Polda Malut, Karo Log Polda Malut, Dir Reskrimum Polda Malut, Dir Reskrimsus Polda Malut, Dir Resnarkoba Polda Malut, Dir Intelkam Polda Malut, Dir Binmas Polda Malut, Dir Samapta Polda Malut, Dir Pamobvit Polda Malut, Dir Lantas Polda Malut, Dansat Brimob Polda Malut, Dir Polairud Polda Malut, Kabidhumas Polda Malut, Kabidkum Polda Malut, Kabiddokkes Polda Malut, dan Ka SPN Polda Malut.

Untuk Pejabat Utama Polda Malut yang diangkat dalam jabatan baru yakni Wadir Resnarkoba Polda Malut AKBP Wahyu Agung Jatmiko, diangkat dalam jabatan baru sSebagai Kabid Propam Polda Malut, sedangkan AKBP Susanto, yang sebelumnya menjabat sebagai Kabid Propam Polda Malut diangkat dalam jabatan baru sebagai Wadir Pamobvit Polda Malut.

Kabid TIK Polda Malut AKBP Nor Imansjah, diangkat dalam jabatan baru sebagai P.s Irbid Itwasda Polda Malut, yang digantikan oleh AKBP Dedy Kurnia Tri Jayeng Suprihadi, sebagai Kabid TIK Polda Malut. dan Kabid Keu Polda Malut AKBP Endang Rukandi, diangkat dalam jabatan baru sebagai Kabid Keu Polda Bali, sedangkan Kombes Pol. Andi Mayangkara, Kabid Keu Polda Bali diangkat dalam jabatan Baru sebagai Kabid Keu Polda Malut. (gim)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here