Bandara Dibuka, 155 TKA Cina Pulang Kampung

0

PENA – 155 Tenaga Kerja Asing (TKA) asal Cina menjalani pemeriksaan Rapid Test di bandara Sultan Babullah Ternate, Rabu (13/5). Mereka adalah karyawan PT Indonesia Weda Bay Industrial Park (IWIP) yang direncanakan akan terbang menuju ke Jakarta menggunakan pesawat Lion Air dengan nomor penerbangan JT 3897 tujuan Ternate-Jakarta pukul 16.00 WIT. 155 tenaga kerja asal Cina itu kembali ke Cina karena masa kontrak di PT IWIP telah berakhir.

Informasi yang dihimpun Penamalut di lokasi, jumlah keseluruhan tenaga kerja asing Cina yang direncanakan berangkat hari ini dan besok berjumlah 194 orang.
Koordinator kantor kesehatan Bandara Babullah Ternate, Muhajir mengatakan rencananya,155 warga negara Cina yang sudah dilakukan Rapid Test itu akan diberangkatkan hari ini. Hasil rapid test menunjukan hasil non reaktif.

“Hasilnya semua negatif,” kata Muhajir kepada sejumlah awak media di bandara Babullah.

Sementara 39 warga negara Cina yang direncanakan akan diberangkatkan besok juga akan dilakukan rapid test. Muhajir mengaku, pihaknya sedikit mengalami kesulitan karena tenaga kerja asing asal Cina yang berangkat besok juga sudah didatangkan ke bandara dan bercampuran dengan yang akan berangkat hari ini.

“Sekarang kami pisahkan mereka antara yang berangkat besok dan hari ini. Yang berangkat besok akan kami lakukan rapid test juga,” tuturnya.

Muhajir menambahkan, informasi yang diterima, para tenaga kerja asing ini awalnya sudah dilakukan rapid test di perusahaannya. Namun, para warga negara Cina itu hanya membawa surat keterangan dari perusahaan dan tidak disertai dengan alat rapid yang membuktikan mereka non reaktif.

“Kami butuh bukti yang lebih kuat lagi makanya perusahaan siapkan alat lagi dan kami lakukan rapid test ulang,” tandasnya. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here