Hebat! Putera Daerah Malut Wakili Indonesia Timur Dalam IRI National Forum

0
Suratman Kayano (keempat dari kiri) dalam seleksi ELA 2020.

PENA – Putera daerah Maluku Utara asal Desa Waci, Halmahera Timur, Suratman Kayano, terpilih sebagai peserta yang mewakili Indonesia Timur dalam seleksi National Forum yang digelar International Republican Institute (IRI), Senin (15/6/2020).

Mantan Ketua Cabang PMII Kota Metro Makassar ini akan berdiskusi dengan sejumlah kepala daerah dan jejaring pemuda nasional membahas persiapan kader yang siap membangun demokrasi yang ideal dalam seleksi program Emerging Leader Academy (ELA) tahun 2020.

Suratman berhasil terpilih dari puluhan peserta lainnya melalui proses panjang seleksi program ELA 2020. Dia mengikuti seleksi pada wilayah Indonesia Timur yang diikuti perwakilan dari Sulawesi Selatan, Nusa Tenggara Timur, Maluku, Gorontalo, Palu dan Sulawesi Barat.

Kepada kami, Suratman merasa bangga bisa mewakili Indonesia Timur di IRI National Forum. Pria yang sedang menempuh studi magister di Universitas Hasanuddin Makassar ini juga mengaku, akan memanfaatkan kesempatan ini untuk membangun terus belajar dan membangun jejaring dengan pemuda-pemuda hebat seluruh Indonesia.

Suratman Kayano.

“Kami juga dimentori tokoh-tokoh nasional yang progresif dan punya gagasan nyata untuk Indonesia. Saya berharap bisa belajar dengan baik dan terlibat dalam upaya membangun demokrasi untuk bangsa. Khususnya, dapat mengabdi untuk tanah lahir saya, Halmahera Timur,” harapnya saat dihubungi melalui telepon genggam.

Rencananya, peserta yang telah lulus melalui Seleksi ELA 1 dan 2 selanjutnya akan mengikuti kelas daring selama 3 tahap. Tahap pertama berupa orientasi, tahap kedua mitigasi Pandemi Covid-19 oleh kepala daerah yang dianggap berhasil melakukan mitigasi di daerahnya, dan tahap ketiga membahas peran tantangan demokrasi Indonesia serta internal party reform.

Selanjutnya pendampingan selama tiga bulan atau hingga selesai menyusun gagasan dan konsep pembangunan demokrasi yang ideal. Pendampingan ini langsung dilakukan oleh pihak IRI dan lembaga yang konsen dibidang politik dan demokrasi. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here