Desa di Halsel Dilanda Banjir, Tinggi Air Capai 1 Meter

  • Bagikan
Banjir melanda Desa Doro, Kecamatan Gane Barat, Kabupaten Halmahera Selatan.
banner 468x60

PENA – Tingginya curah hujan, Senin 13 Juli kemarin, membuat sungai di Desa Doro, Kecamatan Gane Barat, Halmahera Selatan, meluap dan membanjiri rumah warga.

Kepala Desa Doro, Idris Umsohi, kepada Penamalut mengatakan, ada sekitar 23 rumah terendam banjir hingga hari ini, Selasa (14/7). Dari jumlah tersebut, sekitar 18 rumah mengalami genangan air paling parah.

“Diperkirakan sekitar 23 rumah kebanjiran, yang parah sekali itu berkisar 17 atau 18 rumah,” kata Idris, melalui panggilan video WhatsApp.

Idris menceritakan terjadi hujan deras sekitar pukul 15.30 WIT kemarin, bahkan sebelum itu di wilayah gunung telah terjadi curah hujan tinggi hingga mengakibatkan luapan sungai mengalir deras ke arah pantai.

“Tinggi banjir mencapai 1 meter. Jadi saat ini warga yang rumahnya tergenang kita ungsikan ke kerabat atau keluarga yang tidak kebanjiran,” tambah Idris.

Idris berharap pemerintah kabupaten Halsel atau Pemprov Malut dapat mengupayakan bantuan pembuatan bronjong sungai agar menahan luapan air.

“Saya harapkan ada perhatian dari pemerintah untuk masalah ini. Kita tidak bisa prediksi kondisi alam, jadi pembuatan bronjong adalah kebutuhan prioritas warga di desa ini,” harapnya. (andi)

banner 1080x1080
banner 120x600
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *