Keluh Warga Malifut, Semalam Terjadi 2 Hingga 3 Kali Pemadaman Listrik

0
PT PLN Persero Tobelo.

PENA – Warga kecamatan Malifut, Kabupaten Halmahera Utara, mulai kesal dengan pemadaman listrik yang setiap saat padam. Informasi yang dihimpun penamalut.com sejak aliran listrik yang dialirkan dari PT. PLN Persero Tobelo selalu terjadi pemadaman.

Warga mengeluh dan khawatir pada perabotan listrik rumah tangga akan terjadi kerusakan akibat pemadaman ini. Karena setiap malam selalu padam dan bahkan hal tersebut bisa terjadi 2 hingga 3 kali.

M. Fauzan S. Gafur, PLH Manajer Unit Layanan Pelayanan (ULP) PT PLN Tobelo, saat ditemui pada Senin (24/8), menjelaskan bahwa PLN berupaya maksimal untuk menjaga kendala pasokan listrik. Penyebab padamnya aliran listrik, jelas Fauzan, bisa terjadi di sisi jaringan dan tidak dapat diprediksi. Sedangkan jika terjadi gangguan pembangkit mesin akan disampaikan jadwal padam bergilir secara resmi, baik surat kepada pemda dan perangkatnya atau melalui media elektronik radio dan sosial media.

“Listrik yang sering padam ini karena biasanya hujan lebat disertai angin kencang, sehingga beberapa kali pohon tumbang atau dahan kelapa yang tersangkut di kabel listrik. Karena kondisi jalan di daerah Halut ini banyak pohon besar tumbuh di samping jalan, khususnya kelapa yang tingginya bisa sampai 15 meter,” kata Fauzan.

Menurut Fauzan, pihaknya sudah berupaya untuk memangkas dan menebang pohon untuk dimaksimalkan. Namun kendala dengan tanaman produktif kelapa yang sebagian besar pemiliknya tidak bersedia ditebang.

Fauzan berjanji, akan berkoordinasi dengan Camat dan Kades untuk melakukan sosialisasi lagi kepada masyarakat agar pohon yang berada di samping jalan harus ditebang.

Menurutnya, kalau pemulihan pemadaman listrik di kecamatan Malifut petugas PLN Malifut yang tangani. Namun memang butuh waktu masuk beban bertahap sesuai prosedur yang ada.

“Namun selalu diusahakan secepat mungkin,” akunya. (FN)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here