Visi Helmi Umar Muchsin untuk Pendidikan di Halmahera Selatan

  • Bagikan
Calon bupati Halsel nomor urut 01, Helmi Umar Muchsin, saat menandatangani pakta integritas KPU Halsel.
banner 468x60

PENA – Pendidikan dasar dan menengah yang berkualitas menjadi salah satu program prioritas bagi calon bupati dan calon wakil bupati Halmahera Selatan (Halsel) Helmi Umar Muchsin dan La Ode Arfan (Hello Humanis). Bagi Humanis, percepatan pembangunan pendidikan dasar dan menengah harus didorong untuk masa depan Halsel yang lebih baik.

Calon bupati Halsel, Helmi Umar Muchsin mengatakan, untuk mencapai pendidikan dasar dan menengah yang berkualitas di Halsel, dirinya berkomitmen untuk menjalin kemitraan dengan pihak-pihak yang berkompoten. Salah satunya ialah melibatkan perguruan tinggi yang ada di Maluku Utara.

“Langkah pertama untuk mendorong percepatan pembangunan pendidikan dasar dan menengah di Halsel adalah dengan membuat masterplan atau peta jalan pendidikan dalam lima tahun terakhir. Langkah ini kita lakukan dengan melibatkan perguruan tinggi,” jelas Helmi.

Helmi menambahkan, tujuan disusunnya masterplan adalah untuk membuat data terkait beberapa unsur yang mendorong terciptanya kualitas pendidikan. Diantaranya terkait sarana prasarana, mutu pendidikan, baiaya pendidikan, tenaga pendidik maupun proses pendidikan atau proses belajar mengajar.

“Dari situ kita dapat mengindentifikasi problem yang terjadi di lapangan dalam lima tahun terakhir. Standar mutu pendidikan, strandar kelulusan, standar biaya apakah sudah sampai 20 persen atau belum, dan unsur-unsur lain yang perlu dibuat peningkatan mutu pendidikan,” jelasnya.

Selain itu, bagi Helmi, Halmahera Selatan yang terdiri dari pulau-pulau perlu disetarakan mutu pendidikannya. Baik di daerah perkotaan atau pun di pelosok. “Kita akan membuat standarisasi, jadi semua sekolah baik di perkotaan atau di pelosok harus setara,” jelasnya.

Sementara untuk peningkatan standar proses pendidikan di Halsel, Helmi berkomitmen untuk membangun kemitraan atau komunikasi dengan perguruan tinggi untuk percepatan kualitas pendidikan di Halsel. Jadi untuk semua proses pembelajaran, model-model pembelajaran, termasuk pelatihan atau bimtek guru, pihaknya akan menjalin kerjasama dengan perguruan tinggi di Maluku Utara.

“Dari pengamatan kami, perjalanan dunia pendidikan di Halsel ini jarang sekali adanya kerja sama yang intens antara pemerintah dengan perguruan tinggi. Maka kita akan membangun kemitraan dengan perguruan tinggi untuk peningkatan mutu dan kualitas pendidikan,” jelasnya.

Helmi juga menekankan, seluruh program kerja atau program pembangunan jika dirinya dan La Ode Arfan terpilih adalah berdasarkan riset dan penelitian. Maka kemitraan dengan perguruan tinggi akan dibangun sejak awal. Hal itu untuk kemajuan pembangunan sumber daya manusia di Halmahera Selatan. (*)

banner 1080x1080
banner 120x600
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *