KNPI Desak Gubernur Evaluasi Instansi Teknis

0
Ketua KNPI Maluku Utara, Irman Saleh. (Istimewa)

PENA – Dewan Pengurus Daerah (DPD) Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Provinsi Maluku Utara (Malut) angkat bicara terkait beberapa perusahaan yang bermasalah soal IUP.

Kepada Gubernur Malut Abdul Gani Kasuba, KNPI mendesak untuk mengevaluasi instansi teknis yang mengeluarkan izin untuk perusahaan-perusahaan bermasalah tersebut.

“Harus ada evaluasi kepada instansi teknis. Bisa saja persoalan ini karena ada dari oknum-oknum di instansi tersebut yang ikut bermain dalam persoalan izin,” tegas Ketua KNPI Malut, Irman Saleh, Jumat (20/11).

Irman mengatakan, beberapa perusahaan yang bermasalah tersebut jika tidak memberikan kontribusi kepada daerah sebaiknya izinnya tidak diperpanjang. Terutama perusahaan tambang yang beroperasi di Malut.

“Karena selain merusak lingkungan, kontribusi mereka juga patut dipertanyakan. Maka menjadi lebih baik jika izinnya tidak diperpanjang,” tambah dia.

Instansi teknis yang dimaksud Irman patut dievaluasi oleh Gubernur Abdul Gani Kasuba adalah Dinas PMPTSP, Dinas Pertambangan, maupun Dinas ESDM Malut. Karena dinas-dinas tersebut punya kewenangan dalam menentukan beroperasinya beberapa perusahaan di Malut.

“Patut dievaluasi. Apalagi beberapa waktu lalu, Kadis PMPTSP juga mengatakan ada beberapa dari perusahaan tersebut tidak pernah bayar pajak,” tutup Irman, tegas. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here