Pemkab Halbar Tunggak Pajak Kendaraan Setengah Miliar

0
Kepala UPTB Samsat Halbar, Afrida Dorado. (Istimewa)

PENA – Tunggakan pajak kendaraan dinas di lingkup Pemerintah Kabupaten Halmahera Barat menumpuk. Tunggakan pajak kemdaraan dinas ini mencapai setengah miliar.

“Total tunggakan pajak kendaraan di Pemkab Halbar sebesar Rp 564 juta,” jelas Kepala Unit Pelaksana Teknis Badan (UPTB) Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap (Samsat) Halbar, Afrida Dorado saat dikonfirmasi di ruang kerjanya, Rabu (10/3) tadi.

Tunggakan pajak kendaraan dinas ini tersebar di sejumlah dinas. Namun yang paling banyak menunggak pajak kendaraan ini adalah Dinas Kesehatan.

Menurutnya, kendaraan dinas di Dinkes Halbar yang menunggak pajak untuk roda dua sebanyak 103 unit. Sementara kendaraan roda empat sebanyak 20 unit. Tunggakan pajak ini dari tahun 2016 sampai 2021.

“Dari total tunggakan kendaraan tersebut, untuk roda dua sebanyak Rp 32 juta dan roda empat empat 74 juta. Ini untuk Dinkes Halbar,” kata Afrida.

Ia bilang, tunggakan ini belum termasuk tahun-tahun sebelumnya yang ada di dokumen offline. “Ini yang baru tercover pada aplikasi online Samsat Halbar. Kalau di dokumen offline juga ada, sebelum tahun 2016 itu. Kita belum belum kroscek berapa banyak, yang jelas sangat banyak,” ujarnya.

Afrida menuturkan, kendaraan dinas penunggak pajak ini kebanyakan dipakai oleh Puskesmas yang ada di setiap kecamatan di Kabupaten Halbar.

Ia mengaku sudah berkoordinasikan dengan Kepala Dinkes terkait tunggakan pajak ini. Kepala Dinkes juga bersedia siap bayar dengan menunggu daftar yang diberikan.

Pihaknya juga akan merekap progres pembayaran tunggakan pajak kendaraan pada akhir Maret 2021. Sehingga itu, UPTB Samsat Halbar memberikan tenggat waktu sampai April 2021 kepada Pemkab Halbar untuk menyelesaikan tunggakan pajak.

“Kalau tidak selesaikan, pasti ada langkah lain yang akan ditempuh. Untuk itu, dirinya berharap kepada Pemkab Halbar agar dua bulan ini segera dilunasi,” harapnya. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here