KSOP Ternate Sebut Insiden KM Karya Indah Adalah Tanggung Jawab Nakhoda dan Agen

  • Bagikan
Kepala KSOP Kelas II Ternate, Affan Tabona.

PENAMALUT.COM, TERNATE – Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) kelas II Ternate nampaknya melepas tanggung jawab terkait insiden kebakaran pada kapal rute Ternate-Sanana yang menimpa KM Karya Indah.

Kepala KSOP Ternate, Affan Tabona mengatakan, pihaknya hanya bertanggungjawab sebatas manifest penumpang yang diangkut KM Karya Indah. Meski didata yang ada ada kelebihan hingga 181 penumpang.

“Kami KSOP berpatokan kepada manifest 181 penumpang ditambah 14 ABK, dan itu saya sudah melaporkan ke Kementerian melalui dirjen. Walaupun ada selisih, tetapi itu menjadi tanggung jawab nakhoda dan pemilik kapal,” ucap Affan pada konferensi pers yang digelar, Senin (31/5).

Dirinya menjelaskan, sebelum memberikan Surat Persetujuan Berlayar (SPB) ke KM Karya Indah, nahkoda sudah menyatakan semua kelengkapan kapal beres dan siap berlayar.

Bahkan sudah mengajukan surat sailing declaration (surat pernyataan nakhoda) yang menandakan nahkoda bertanggungjawab penuh atas kapal yang hendak berlayar.

“Dengan adanya surat itu, kita dari KSOP tidak mencampuri lagi, sebab sesuai manifest sudah dibawah KP 300. Kalau manifest diajukan ke kita dibawah 181 sudah tentunya masih di bawah mormal. Sehingga mau tidak mau kita harus memberikan SPB melalui sistem inapornet,” jelasnya.

Ia menambahkan, sebelum sailing declaration diserahakan ke KSOP, nahkoda dan pemilik kapal atau agen akan melakukan pengecekan muatan di atas kapal.

“Dan kalau ada muatan berbahaya dapat terselubung masuk ke situ, itu merupakan tanggung jawab mereka,” tandasnya. (ano)

banner 1280x960
banner 120x600
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!