banner 728x250

11 Siswa SMP di Halmahera Utara Tidak Lulus Ujian Sekolah

  • Bagikan
Ilustrasi kelulusan siswa SMP. (Istimewa)
banner 468x60

PENAMALUT.COM, TOBELO – Hasil ujian sekolah tingkat SMP di Kabupaten Halmahera Utara diumumkan pada Jumat (4/6) kemarin.

Jumlah peserta yang mengikuti ujian sebanyak 2.991 siswa. Dari jumlah tersebut, 11 diantatanya dinyatakan tidak lulus. Sementara 2.980 peserta dinyatakan lulus.

banner 336x280

“Mereka yang tidak lulus ini karena belum memenuhi kriteria kelulusan,” kata Kepala Bidang SMP pada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Halut, Jantje, kepada wartawan kemarin.

Menurutnya, jumlah peserta yang terdaftar di ujian tingkat SMP baik itu negeri maupun swasta sebanyak 3.067 siswa. Namun yang mengikuti ujian hanya 2.991 peserta, sementara 76 peserta lainnya tidak ikut ujian lantaran sudah pindah sekolah keluar dari daerah Halut.

Ia bilang, kriteria atau syarat utama kelulusan peserta didik sebagaimana tertuang dalam surat edaran Mendikbud Nomor 1 tahun 2021 terdapat tiga syarat utama. Pertam, harus mengikuti dan menyelesaikan seluruh program pembelajaran dari semester satu sampai semester 6, dan hingga program belajar di masa pandemi Covid-19 yang dibuktikan dengan nilai raport.

Kedua, memperoleh nilai sikap dan prilaku minimal baik. Dan ketiga, mengikuti pelaksanaan ujian yang diselenggarakan oleh satuan pendidikan.

“Sedangkan satuan pendidikan dengan konsep merdeka belajar disilahkan menambahkan kriteria pendukung lainnya sesuai visi misi sekolah dan karakteristik satuan pendidikan,” ujarnya.

Dengan demikian, presentasi kelulusan jenjang SMP tahun pelajaran 2020-2021 sebesar 97 persen. Dan yang dinyatakan tidak lulus sebanyak 3 persen. (fnc/red)

banner 336x280
banner 120x600
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *