Kehadiran Indomaret di Halmahera Barat Dinilai Mengancam Keberlangsungan Pasar Tradisional

  • Bagikan
Gerai Indomaret. (Istimewa)

PENAMALUT.COM, JAILOLO – Rencana beroperasinya gerai Indomaret di Kabupaten Halmahera Barat mendapat sorotan dari DPRD Halbar.

Sekretaris Komisi II DPRD Halbar, Dasril H. Usman, menilai kehadiran Indomaret dapat mengancam keberalngsungan pasar tradisional.

“Masuknya ritel modern ini ke Halbar diprediksi akan mengancam keberlangsungan pasar tradisional,” ungkap Dasril kepada wartawan, Senin (28/6).

Menurut dia, berdasarkan data nasional, pertumbuhan pasar tradisional menyusut 8,1 persen setiap tahunnya. Sementara pasar modern tumbuh 31,4 persen per tahun.

Sekretaris Komisi II DPRD Halbar, Dasril Hi. Usman.

Melihat Halmahera Barat yang kondisi pasar tradisional sudah cukup memprihatinkan penataan serta lemahnya perputaran ekonomi yang begitu dirasakan oleh masyarakat dan pelaku usaha mikro saat ini, maka Dasril meminta kebijakan pemerintah daerah tentang izin warlaba perlu dipertimbangkan kembali.

Ketua DPD PAN Halbar ini juga menyampaikan bahwa ada begitu banyak studi kasus dan referensi yang bisa digunakan oleh pemerintah daerah, dan Pemda harus menyampaikan alasan rencana menghadirkan gerai Indomaret kepada publik agar tidak terjadi polemik di masyarakat.

Ia juga menyarankan kepada Pemda Halbar agar perlu melakukan kajian terhadap dampak negatif dari hadirnya perusahaan ritel seperti Indomaret terhadap pasar tradisional dan usaha perseorangan (kios kecil), serta bagaimana cara mengatasinya.

“Oleh karena itu, hari ini saya akan mengusulkan ke pimpinan komisi II untuk secepatnya dilakukan pertemuan Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan dinas terkait untuk dimintai keterangan menyangkut dengan hal ini,” tukasnya.

Sekadar diketahui, Pemda Halbar dalam hal ini Bupati James Uang telah menyetujui rencana beroperasinya gerai Indomaret di wilayah Halbar. Ada 15 gerai yang akan dibangun di 15 titik. Pihak managemen Indomaret menyampaikan bahwa 15 titik ini telah memenuhi kriteria untuk berdirinya gerai tersebut. (yadi/ask)

banner 1280x960
banner 120x600
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!