banner 1080x1080 banner 1080x1080 banner 1080x1080

Gelombang Tinggi, Kapal Ternate-Babang tak Bisa Berangkat

  • Bagikan
Kapal tujuan Ternate-Babang saat parkir di Pelabuhan Bastiong. (Istimewa)
banner 468x60

PENAMALUT.COM, TERNATE – Sejumlah kapal rute Ternate-Babang sejak malam tadi tak bisa diberangkatkan. Penyebabnya karena gelombang air laut tinggi disertai angin kencang.

Pantauan wartawan di lapangan, kapal KM. Satria Expres tujuan Ternate-Babang dan KM. Obi Permai tujuan Ternate-Kupal, Halmahera Selatan, hingga pagi ini tak jadi diberangkatkan.

Firda, salah satu petugas loket penjualan tiket di Pelabuhan Bastiong mengatakan, penumpang yang menunggu kapal berangkat sejak malam hingga pagi ini sebagian sudah mengembalikan tiketnya. Pengembalian tiket tidak dikenakan biaya pemotongan.

Meski demikian, kata dia, sebagian penumpang enggan mengembalikan tiket dan memilih menunggu hingga kapal berangkat.

“Sampai pagi ini masih ada penumpang yang tunggu di kapal, ada juga masih di pelabuhan. Pagi ini kapal juga sudah dipindahkan ke Pelabuhan Ahmad Yani,” jelas Firda kepada wartawan, Minggu (18/7).

Selain kapal tujuan Ternate-Babang dan Ternate-Kupal yang ditunda keberangkatannya, sebaliknya kapal dari Babang ke Ternate juga demikian.

Kepala Unit Penyelenggara Pelabuhan Kelas II Babang, Rosihan Gamtjim mengatakan, sejak sore kemarin gelombang tinggi. Sehingga itu, dirinya memerintahkan agar menunda keberangkatan setelah berkoordinasi dengan pihak Pelabuhan Bastiong.

“Kemarin memang gelombang tinggi. Tapi pagi ini saya lihat cuaca mulai agak bersahabat. Semoga saja aman untuk pelayaran, sehingha kapal segera kami berangkatkan,” ujarnya.

Hingga berita ini ditayangkan, pihak KSOP Ternate belum memberikan keterangan resminya. Kepala KSOP Ternate, Affan Tabona yang dikonfirmasi lewat sambutangan telepon belum merespons pertanyaan wartawan. (rul/ask)

banner 1080x1080
banner 120x600
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *