Prakiraan BMKG, Tiga Hari Kedepan Terjadi Gelombang Tinggi Disertai Angin Kencang

  • Bagikan
Gelombang tinggi yang terjadi beberapa waktu lalu. (Aska Penamalut)

PENAMALUT.COM, TERNATE – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memperkirakan tiga hari kedepan terjadi angin kencang dan gelombang tinggi khususnya di perairan Ternate, Batang dua, Bacan, Sanana, Taliabu, Obi, Morotai, dan Loloda.

Ini disampaikan prakiraan cuaca pada BMKG Stasiun Meteorologi Kelas I Babullah Ternate, Zakky Alin Nuary kepada wartawan, Senin (19/7).

Dijelaskan Zakky, perkiraan angin pada 18 hingga 21 Juli, secara umum lebih rendah dibandingkan dengan hari-hari kemarin yang mencapai 25  knots atau 60 km per jam dengan kecepatan maksimal sekitar 30 km per jam.

Yang harus diwaspadai, kata dia, ketika memasuki tanggal 22 hingga 24 Juli. Sebab kecepatan angin kembali meningkat 60 km per jam dengan perkiraan gelombang yang cukup tinggi.

“Ini terjadi di perairan Ternate, Batang dua, Bacan, Sanana, Taliabu, Obi, Morotai dan Loloda. Kalau untuk perairan Morotai dan Loloda ketinggian gelombang diperkirakan mencapai 3 setengah meter. Sementara bagian selatan seperti Sanana, Bacan dan Obi, tinggi gelombang hanya mencapai 2 setengah meter,” jelasnya.

Ia juga bilang, saat ini sebagian besar cuaca di wilayah Maluku Utara secara umum berawan dengan potensi hujan ringan pada siang hari dan malam hari, namun intensitasnya sudah rendah dibandingkan dengan hujan yang terjadi kemarin-kemarin.

Musim hujan kemarin juga disebabkan adanya sirkulasi Eddy. Fenomena ini tidak tertampak langsung, tetapi dapat mengakibatkan angin kencang yang menimbulkan gelombang tinggi.

“Sirkulasi Eddy biasanya terjadi pada musim-musim peralihan antara Barat dan Timur atau bahkan sebaliknya,” pungkasnya. (ano/ask)

banner 1280x960
banner 120x600
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!