banner 1080x1080 banner 1080x1080 banner 1080x1080

IKW Ternate Sembelih dan Bagikan Hewan Kurban

  • Bagikan
Penyembelihan hewan kurban yang digelar IKW kota Ternate, Rabu (21/7), di Pelabuhan Perikanan Ternate. (Istimewa)
banner 468x60

PENAMALUT.COM, TERNATE – Setiap memasuki peringatan Idul Adha, umat Islam yang mampu disyariatkan untuk menyembelih hewan kurban berupa kambing, domba atau sapi.

Tuntunan itulah yang mendasari Ikatan Keluarga Waigitang (IKW) Kota Ternate, Rabu (27/7) siang tadi, melakukan penyembelihan dan pembagian hewan kurban yang berpusat di Pelabuhan Perikanan Ternate.

Sebanyak 12 ekor sapi dan 1 ekor kambing disembelih dan dibagikan khusus kepada keluarga besar Waigitang yang tersebar di kota Ternate. Total ada 715 kupon yang diberikan untuk warga.

Ketua Panitia Kurban IKW Ternate, Sudarno Taher mengatakan, peringatan hari raya kurban dalam dua tahun ini terasa istimewa karena bisa dilakukan di tengah situasi sulit akibat pembatasan aktivitas masyarakat karena Covid-19.

“Jumlah kurban tahun ini juga dari kami ada peningkatan. Jika tahun lalu jumlahnya 7 ekor sapi dan 1 kambing, tahun jumlahnya jadi 12 ekor sapi dan 1 kambing,” ujarnya, sembari berharap semoga pembagian hewan kurban tahun ini dapat dinikmati masyarakat kurang mampu.

Sementara itu, Ketua IKW Ternate Zulkifli Zam Zam, mengatakan bahwa pihaknya menggelar penyembelihan hewan kurban untuk menjalin silaturahmi antar sesama keluarga besar Waigitang di Ternate. Dia berharap, pembatasan aktivitas masyarakat akibat Covid-19 tidak memutus silaturahmi yang telah dibangun selama ini.

“IKW dimasa mendatang akan terus eksis dalam agenda-agenda sosial, ekonomi, budaya, maupun keagamaan, sehingga IKW akan menjadi salah satu kelompok paguyuban yang bisa memberikan sumbangsih bagi pembangunan masyarakat Waigitang pada khususnya, maupun masyarakat Maluku Utara pada umumnya,” pungkasnya.

Untuk diketahui, penyembelihan hewan kurban juha dihadiri ketua IAIN Ternate yang juga ketua MUI Maluku Utara (Malut) Samlan Hi. Ahmad, Wakil Rektor Unkhair Syawal Ajid, Said Hasan, anggota DPRD Malut Wahda Zainal Imam, sekretaris DPRD Malut Abubakar Abdullah, ketua Ombudsman Malut Sofyan Ali, kepala BNN Pulau Morotai Jainudin Samad, dan beberapa pengurus IKW Ternate. (*)

banner 1080x1080
banner 120x600
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *