banner 1080x1080 banner 1080x1080 banner 1080x1080

Devisit Anggaran, Pemkab Halut Cari Skema Penunjang Pendapatan

  • Bagikan
Kantor Bupati Halmahera Utara. (Istimewa)
banner 468x60

PENAMALUT.COM, TOBELO – Pandemi Covid-19 yang dialami hampir setiap daerah di dunia mengakibatkan kondisi ekonomi terutama keuangan daerah terpuruk.

Hal ini pula yang dialami Pemerintah Kabupaten Halmahera Utara. Pemkab Halut pada tahun ini mengalami devisit anggaran, maka dari itu pihaknya sedang mengancang-ancang untuk menyiapkan skema guna menutupi devisit tersebut.

“Kita sedang menyiapkan Kebijakan Umum Perubahan Anggaran (KUPA) tahun anggaran 2021. Senin ini TAPD akan rapat bersama OPD untuk membahasnya. Kondisi keuangan kita lagi mengalami devisit,” kata Sekretaris Daerah (Sekda) Halut, Erasmus J. Papilaya yang ditemui di Kantor Bupati Halut usai pembahasan KUA-PPAS 2022 di internal TAPD, Kamis (22/7) kemarin.

Menurut Erasmus, penyebab devisit keuangan daerah ini salah satunya dipengaruhi situasi covid. Sehingga itu, pihaknya maka akan melakukan penyesuaian anggaran pada setiap OPD agar devisit itu bisa balance atau diimbangi

Dari balance itulah, kata dia, bisa diketahui jumlah ril yang didaptkan. Intinya harus diketahui dulu, apakah mengurangi atau menghilangkan devisit itu akan disesuiakan dengan belanja-belanja yang ada di masing-masing OPD.

Ia bilang, kondisi keuangan yang mengalami devisit ini mala sesuai arahan pimpinan, pihaknya akan menggali sumber-sumber pendapatan yang bersumber dari daerah maupun pusat untuk.

“Ini akan didorong, sehingga  bisa kita dapatkan. Disamping kita galakan pendapatan, belanja-belanja juga kita rasionalkan,” jelasnya.

Pihaknya dalam hal ini Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) juga saat ini sedang membahas KUA-PPAS 2022 bersama badan anggaran DPRD. Ini untuk menyamakan persepsi tentang anggaran 2022 nanti.

“Rencananya tanggal 2 Agustus minggu pertama kita sudah sampaikan KUA-PPS 2022 ke DPRD,” terangnya. (fnc/ask)

banner 1080x1080
banner 120x600
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *