Kemenag Halut Gelar Diseminasi Haji dan Umroh

  • Bagikan
Suasana kegiatan diseminasi haji dan umroh. (Chido/Penamalut)

PENAMALUT.COM, TOBELO – Kantor Kementerian Agama Kabupaten Halmahera Utara menggelar diseminasi penyelenggaraan haji dan umroh bertempat di Hotel Kita, Kamis (19/8).

Kegiatan yang menghadirkan narasumber Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Malut, Sarbin Sehe, dan Kepala Kantor Wilayah Kabupten Halut, Basri Abdurahman ini bertujuan untuk memberikan informasi haji yang akurat.

Sarbin Sehe dalam kesempatan diskusi itu meminta wartwan sebagai bagian sari sistem demokrasi yang luar biasa sebagai pengembangan informasi.

Pihakya mengajak agar sama-sama mencegah beredarnya informasi yang tidak tepat untuk dikonsumsi.

Ia juga mengimbau kepada seluruh calon jamaah haji (CJH) maupun umat muslim di Maluku Utara agar selalu mengupdate informasi haji di Kantor Kementerian Agama di setiap kabupaten/kota, sehingga informasi bisa didapatkan dengan utuh.

Kata Sarbin, terkait sistem terpadu itu sudah tersistemkan semuanya, sehingga daftar tunggu CJH maupun jadwal keberangkatan sudah bisa diketahui.

“Diharapkan kepada msyarakat agar tidak mudah percaya isu-isu atau oknum tidak bertanggungjawab yang memanfaatkan itu.

Untuk umroh, lanjut dia, pihaknya berharap agar Pemerintah Arab Saudi bisa membuka jalur yang sebelumnya telah ditutup. Jika sudah dibuka, secara otomatis haji tahun depan bisa terlaksana.

“Ukurannya ada di umroh. Kalau ditutup terus, berarti tahun depan tak bisa terlaksana,” tukasnya.

Sementara Kepala Kemenag Halut, Basri Abdurahman mengaku diseminasi ini bertujuan memberikan informasi kepada masyarakat atau instansi lainnya, terutama CJH.

“Karena dua tahun berturut kita belum bisa diberikan kesempatan untuk menuaniakan ibadah haji, karena dalam situasi pandemi covid. Ini kegiatan penting untuk menyampaikan informasi, sehingga CJH maupun masyarakat tidak merasa dikecewakan,” tutupnya. (fnc/ask)

banner 1280x960
banner 120x600
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!