Festival Tanjung Waka 2021 Prioritas Seni dan Budaya

  • Bagikan
Festival tanjung waka, Kepulauan sula. (Istimewa)

PENAMALUT. COM, SANANA – Festival tanjung waka, di Kecamatan Sulabesi Timur, Kabupaten Kepulauan Sula, akan dilaksanakan pada Desember mendatang.

Festival yang dilaksanakan setiap tahun ini bakal menampilkan seluruh Seni dan Budaya serta produk lokal Kepulauan Sula.

Saat ini, panitia festival telah menyiapkan sejumlah rangkaian kegiatan.

“Ini kesempatan emas. Kegiatan festival tanjung waka tahun 2021 ini akan menjadi prioritas pemerintah daerah untuk meningkatkan adat dan budaya serta mempromosikan semua produk lokal di Sula,” ujar Sekretaris Panitia Festival, Rizal Drakel kepada wartawan, Selasa (31/8).

Sementara Eko Supriyanto, Kurator di bidang seni pertunjukan Kementerian Pariwisata menambahkan, keunggulan lokasi festival tanjung waka di pelosok timur Indonesia tidak kalah saing dengan daerah-daerah lainnya.

Menurut Eko, pantai tanjung waka memiliki keunggulan pertama adalah pasir putih terpanjang sepanjang mata memandang. Selain itu, adat dan budaya, serta hasil kuliner yang begitu banyak dimiliki daerah Sula.

“Insya Allah festival tanjung waka akan menjadi suatu keunikan tersendiri dan sangat berbeda dengan kegiatan festival di daerah-daerah lainnya,” tuturnya.

Eko juga menyampaikan bahwa dari semua kegiatan festival tingkat Nasional, satu-satunya kegiatan dengan desain panggung terpanjang di Indonesia pertama kali akan berlokasi di Pantai Waka, Desa Fatkauyon, Kecamatan Sulabesi Timur.

Meski Indonesia dalam ancaman wabah covid yang begitu dahsyat, namun lanjut dia, tidak mengurangi semangat untuk menyukseskan kegiatan festival tanjung waka.

“Kita berharap festival ini akan menjadi satu-satunya kebanggaan bagi pemerintah daerah serta masyarakat di Sula,” harapnya mengakhiri. (ish/ask)

banner 1280x960
banner 120x600
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!