Tuduh Petugas Terima “Doi Pulsa”, Ratusan Pedagang Barito Mengamuk

  • Bagikan
Sayur mayur yang dihamburkan pedagang barito di depan pasar buah. (Karno/Penamalut)

PENAMALUT.COM, TERNATE – Ratusan ibu-ibu pedagang Pasar Barito di Ternate mengamuk.

Para pedagang meluapkan kekesalan mereka dengan menghamburkan barang dagangan mereka di jalan tepat di depan pasar buah, Kelurahan Gamalama, Senin (6/9).

Aksi ini dilakukan lantaran para pedagang kecewa dengan sikap petugas pasar yang terkesan pilih kasih. Mereka menuduh petugas telah menerima uang dari sebagian pedagang yang saat ini berjualan di depan pasar.

Maria, salah satu pedagang pasar Barito mengatakan, pihak Disperindag harus adil dalam memberlakukan penempatan tempat jualan. Seharusnya semua pedagang diarahkan masuk dan berjualan di dalam gedung.

“Begitu juga untuk pedagang di pasar, sehingga tidak terkesan pilih kasih. Torang (kami) semua pedagang masuk ke dalam. Sebenarnya pasar ini sudah bisa muat sesuai yang terdata, tapi banyak pedagang yang berjualan di luar,” kesal Maria.

Maria bilang, pedagang yang diberikan ruang untuk berjualan di luar itu karena petugas pasar telah diberikan bonus atau uang sehingga mendiamkan itu.

“Petugas yang biarkan pedagang di luar karena mereka sudah diberikan uang pulsa. Padahal hari-hari kami sudah mengeluh, tetapi petugas tidak hiraukan. Kami punya jualan tidak laku, modal habis, malah yang terjadi ada kompromi di di dalam petugas,” tuturnya.

Yati, pedagang lainnya menambahkan beberapa hari terakhir ini jualannya tidak laku, lantaran pembeli tidak lagi masuk ke dalam pasar, karena sebagian pedagang jualan di luar. Hal ini sudah dikeluhkan ke pihak Disperindag, tapi mereka tidak menghiraukan.

“Sementara jualan tidak laku, petugas malah memberikan karcis atau tagihan leo. Ada 3 sampai 6 karcis yang diberikan dengan kisaran per karcis 10 ribu sampai 15 ribu, lantas kita mau ambil uang di mana untuk bayar. Belum lagi kami diwajibakn bayar harga sampah dan sampah sayur manado,” katanya.

Pihak pedagang meminta Wali Kota Ternate, M. Tauhid Soleman agar segera  memfungsikan gedung yang berada di tengah-tengah pasar Barito dan Higenis yang sampai sekarang tidak ada aktivitas pasar di dalamnya.

“Kami juga minta wali kota agar turun tangan menangani masalah ini,” pinta pedagang. (ano/ask)

banner 1280x960
banner 120x600
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!