Sopir Angkot di Ternate Tuntut Kenaikan Tarif

  • Bagikan
Angkutan kota (Angkot) di Terminal Gamalama, Kota Ternate. (Karno/Penamalut)

PENAMALUT.COM, TERNTE – Puluhan sopir angkutan kota (Angkot) di Ternate menuntut kenaikan tarif penumpang.

Pasalnya, selama ini mereka merasa ketidaksesuaian antara harga bahan bakar minyak (BBM) jenis Pertalite dengan tarif penumpang.

Para sopir mengeluhkan kebijakan pihak SPBU yang lebih mementingkan pengecer ketimbang mereka. Sebab BBM yang biasa digunakan para sopir adalah BBM jenis bensin, namun sudah beberapa bulan terakhir ini pihak SPBU malah melayani BBM jenis bensin kepada pengcer.

Koordinator supir Angkot Ternate, Muhammad Ely menyampaikan, penggunaan BBM jenis Pertalite sebagai BBM utama sangat merugikan mereka.

Bahkan penggunaan BBM jenis bensin dengan tarif penumpang saja sudah tidak sesuai.

“Tarif penumpang itu Rp 5.000 per orang, sementara harga bensin per liter Rp 6.400. Ini saja sudah tidak sesuai, kenapa SPBU malah melayani kami dengan BBM jenis Pertalite yang perliternya Rp 7.450. Ini sangat tidak seimbang,” kata Ely kesal saat ditemui wartawan, Jumat (1/9) tadi.

Ia menegaskan, jika hal ini berlaku terus-menerus, maka pihaknya dalam waktu dekat akan menuntut ke Pemerintah Kota Ternate agar harga tarif penumpang dinaikkan sesuai dengan harga Pertalite.

“Bagi kami  ini tidak seimbang. Jadi teman-teman sopir maunya pemerintah harus naikkan tarif sesuai dengan harga Pertalite. Alasan torang (kami) kenapa harus dinaikkan tarif, karena posisi penyesuaiannya. SPBU tidak lagi melayani kami bensi. Jadi bagi kami, sama halnya dengan kenaikan BBM yang berdampak kepada kami,” ujarnya.

Ely juga sangat menyesalkan sikap SPBU yang lebih mengutamakan pengecer dan melayani mereka dengan menggunakan jerigen besar dengan jumlah yang banyak.

“Mereka (SPBU) itu melayani bensin kepada pengecer yang datang dengan jerigen besar dengan jumlah yang banyak. Sementara kita yang datang hanya dikasih pertalite. Ini kan sangat tidak adil,” tandasnya menutup. (ano/ask)

banner 1280x960
banner 120x600
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!