CV Azzahra Karya Diduga Beroperasi di Luar Areal Izin

  • Bagikan
KBO Reskrim Polres Sula, Aipda Lajaya Muhiddin. (Isrudin/Penamalut)

PENAMALUT.COM, SANANA – CV Azzahra Karya, perusahaan kayu bulat yang beroperasi di Desa Wailoba, Kecamatan Mangoli Tengah, Kabupaten Kepulauan Sula, diduga melakukan aktivitas di luar dari ketentuan izin.

Ini diketahui saat Tim Investigasi yang dibentuk oleh Pemerintah Daerah (Pemda) Sula beberapa waktu lalu. Atas hal itu, tim investiga Pemda Sula telah melaporkan CV Azzahra Karya ke Polres Sula pada 6 September 2021 lalu.

Laporan tersebut kini telah diproses oleh pihak Polres Sula.

Kaur Bin Ops (KBO) Sat Reskrim Polres Sula, Aipda Lajaya Muhiddin mengatakan, laporan dari tim investigasi itu lantaran CV Azzahra Karya dianggap menyalahi ketentuan perundang-undangan. Di mana CV Azzahra Karya melakukan penebangan pohon dalam kawasan hutan yang tidak sesuai dengan izin pemanfaatan kayu.

“Laporan ini kami masih melakukan penyelidikan, dan untuk saat ini kami sedang menunggu hasil pemeriksaan ahli GPS dari kantor KPH Sula terkait dengan lokasi penambangan CV AK di Kecamatan Mangoli Tengah,” kata Lajaya, Sabtu (9/10).

Kata dia, nantinya hasil pemeriksaan ahli dari Dinas Kehutanan barulah dapat diketahui apakah perusahaan melakukan penebangan di dalam areal perizinan atau di luar.

“Apabila hasil dari ahli menyatakan bahwa CV AK beroprasi tidak sesuai dengan perizinan, maka kami akan menindaklanjuti sesuai dengan hukum yang berlaku,” tandas Lajaya.

Sekadar informasi, sampai saat ini pihak Polres sudah meminta keterangan terhadap 12 orang. Mereka adalah Direktur CV AK, serta pihak yang berkaitan lainny. (ish/ask)

banner 1280x960
banner 120x600
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!