Pemkab Taliabu “Gantung” Pembayaran Ganti Rugi Lahan Warga

  • Bagikan
Kantor Bupati Taliabu. (Yasin/Penamalut)

PENAMALUT.COM, TALIABU – Pemerintah Kabupaten Pulau Taliabu melalui Badan Pengelolaan Pendapatan Keuangan dan Aset Daerah (BPPKAD) tampaknya berat hati mengganti rugi lahan warga Desa Pencado dan Desa Bahu Kecamatan Taliabu Selatan yang telah digusur sejak tahun 2016.

Bagaimana tidak, Pemkab Taliabu berjanji pasca penggusuran itu langsung membayar ganti rugi lahan warga.

Namun sampai 2021 ini, baru beberapa warga yang lahannya dibayarkan. Sementara sebagian besar warga yang lahannya sudah digusur, sepersenpun Pemkab Taliabu belum juga membayarnya.

“Saya bingung dengan pemerintah daerah sampai sekarang ini lahan yang digusur belum dibayar, padahal tim sudah turun survei dan mandata. Hanya janji tinggal janji saja, ini ada apa?,” kata salah satu warga Desa Pencado kepada wartawan, Rabu (13/10).

Bahkan, kata warga itu, Pemkab Taliabu terkesan pilih kasih. Pasalnya, lahan yang sudah dibayar itu hanya orang-orang tertentu Yakop Rette mantan anggota DPRD Taliabu dan Kepala Desa Maluli, Lasafi.

“Kenapa di Desa pencado cuman dua orang yang terbayar, dan di Desa Bahu 9 orang saja yang dibayar. Padahal kita sama-sama memasukan data yang diminta Pemkab,” ujarnya.

Warga menduga anggaran tersebut sudah ada, namun digunakan Kepala BPPKAD Irwan Mansur.

Untuk itu, warga mengancam akan melakukan pemalangan jalan, jika Pemkab Taliabu tidak segera membayar. Sebab warga sudah terlalu lama menunggu janji.

“Saya sudah cukup sabar selama ini. Jika sekarang Pemda tidak segera membayar, maka saya akan palang jalan,” tegasnya.

Kepala BPKPAD Irwan Mansur, dan Kepala Bagian Tata Pemerintahan Sumarlan saat dikonfirmasi di kantornya tak berada di tempat

Keduanya susah ditemui, begitu juga masyarakat setiap saat ingin menemui keduanya di kantor, selalu saja tidak ditemui ada di kantor.

Hingga berita ini ditayang, Kepala BPKPAD Irwan Mansur dan Kabag Tata Pemerintahan belum bisa dikonfirmasi. (ysn/ask)

banner 1280x960
banner 120x600
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!