Kabar Gembira, Tol Laut Segera Singgah di Pulau Bacan

  • Bagikan
Foto bersama usai kegiatan sosialisasi Aplikasi SITOLAUT bertempat di terminal penumpang Pelabuhan Babang, Minggu (17/10) tadi.

PENAMALUT.COM, LABUHA – Ini kabar gembira buat masyarakat maupun pelaku usaha yang ada di Kabupaten Halmahera Selatan. Tidak lama lagi, Kapal Tol Laut akan menyinggahi Pulau Bacan melalui Pelabuhan Babang.

Hal ini dibuktikan dengan adanya sosialiasi Aplikasi SITOLAUT dari Tim Teknis Direktorat Lalulintas dan Angkutan Laut, Ditjen Perhubungan Laut, Kementerian Perhubungan pada Minggu (17/10) bertempat di Pelabuhan Babang.

Sosialisasi SITOLAUT yang dibuka Sekretaris Daerah Kabupaten Halmahera Selatan itu menghadirkan puluhan pengusaha yang ada di Halsel.

Kepala Kantor Unit Penyelenggara Pelabuhan (UPP) Kelas II Babang, Rosihan Gamtjim menuturkan, adanya sosialisasi Aplikasi SITOLAUT ini merupakan angin segar akan hadirnya Tol Laut di Halmahera Selatan.

Rosihan menjelaskan, Aplikasi SITOLAUT ini merupakan salah satu kompenen dalam Tol Laut. Kepada pelaku usaha maupun masyarakat yang menggunakan jasa Tol Laut, maka harus pula menggunakan Aplikasi SITOLAUT.

“Ini untuk memudahkan masyarakat maupun pelaku usaha untuk mengirim atau menerima barang yang dikirim lewat Tol Laut nanti apabila sudah beroperasi,” tuturnya.

Mantan Kepala Kantor UPP Kelas III Soasio ini juga memastikan, jika tak ada aral melintang, maka Tol Laut akan menyinggahi Pelabuhan Babang pada tahun 2022 nanti.

Sementara Sekda Kabupaten Halmahera Selatan, Maslan Hi. Hasan dalam sambutannya menyampaikan, sejak dirinya menjabat Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Halsel 6 tahun lalu, Tol Laut ini sudah dibicarakan, namun belum terealisasi.

“Alhamdulillah sekarang sudah mau beroperasi. Kehadiran Tol Laut ini sangat membantu masyarakat, terutama pelaku usaha,” ujarnya.

Hadirnya Tol Laut ini, Sekda berharap bisa dimanfaatkan pelaku usaha yang ada di Halmahera Selatan untuk mengekspor potensi-potensi daerah yang di Halmahera Selatan.

“Potensi daerah ini harus dimanfaatkan dengan baik, sehingga begitu Tol Laut datang dan balik, itu mengangkut potensi daerah yang sudah digarap. Jangan begitu datang dan pulangnya tidak bawa apa-apa, itu percuma. Maka dari itu, mari kita sama-sama memanfaatkan Tol Laut ini,” harap Sekda.

Turut hadir dalam sosialisasi itu, Kepala Dinas Perindag Halsel Stakeholder terkait lainnya, dan petugas Penyelenggara Pelabuhan Kelas II Babang. (ask)

banner 1280x960
banner 120x600
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!