Amin Drakel Jalani Sidang Perdana

  • Bagikan
Pengadilan Negeri Ternate. (Istimewa)

PENAMALUT.COM, TERNATE – Terdakwa kasus tindak pidana Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE), Amin Drakel, dengan perkara Nomor 248/Pid.Sus/2021/PN Tte menjalani sidang perdana di Pengadilan Negeri (PN) Kota Ternate, Senin (25/10).

Sidang dengan agenda pembacaan dakwaan dari Jaksa Penuntut Umum (JPU) ini dipimpin langsung Ketua Majelis Hakim, Achmad Ukayat, didampingi dua hakim anggotanya.

Juru bicara PN Ternate, Kadar Noh mengatakan, sidang dakwaan dari JPU terhadap terdakwa Amin Drakel digelar pagi tadi.

Dalam dakwaan itu, pihak kuasa hukum terdakwa tidak lagi mengajukan keberatan atau eksepsi.

Terdakwa Amin Drakel didakwaan dengan surat dakwaan tunggal oleh JPU. Selian itu, terdakwa juga tidak ditahan karena ancaman hukuman di bawah 5 tahun.

“Terdakwa diancal pidana dalam pasal 45 junto pasal 27 UU ITE. Sidang selanjutnya digelar pada Kamis (28/10) dengan agenda pemeriksaan saksi dari JPU,” jelas Kadar.

Terpisah kuasa hukum Amin Drakel, Fadli S.Tuanane menyampaikan pihaknya kini menunggu sidang lanjutan. Dalam sidang perdana itu, pihaknya selaku kuasa hukum terdakwa  tidak lagi mengajukan eksepsi atas dakwaan itu.

Ini karena esensi dari eksepsi hanyalah persolan pokok-pokok syarat formil saja, tetapi tidak terkait dengan pokok perkara.

“Bagi kami kuasa hukum, apa yang didakwakan JPU telah lengkap. Karena itu kami tinggal menunggu sidang berikut. Kami akan ajukan pembelaan melalui pledoi nanti,” ujarnya.

Pihaknya, lanjut Fadli, nanti juga akan menghadirkan tiga orang saksi a de charge (saksi yang meringakan) untuk terdakwa yang mengetahui peristiwa pidana.

“Saksi a de charge akan dihadirkan setelah pemeriksaan saksi-saksi dari JPU,” tukasnya. (gon/ask)

banner 1280x960
banner 120x600
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!